Pemprov Pending Dana Otsus Mappi

share on:
Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Papua, Benyamin Arisoy - Jubi/Alex
Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Papua, Benyamin Arisoy – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah menunda (pending) penyaluran dan Otonomi Khusus tahap pertama untuk Kabupaten Mappi. Sebab sampai saat ini pemerintah setempat belum menetapkan APBD 2015. 

“Dari 29 kabupaten/kota hanya Mappi yang dana Otsusnya sementara tidak akan dicairkan. Pasalnya mereka baru bahas APBD di pertengahan Mei. Nanti mereka punya APBD ditetapkan baru kita transfer,” kata Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Papua, Benyamin Arisoy, di Jayapura, Jumat (22/5/2015).

Menurut ia, pihaknya telah menggelontorkan lebih dari Rp1 triliun dana Otsus tahap pertama ke sejumlah kabupaten/kota. Dimana untuk tahap pertama pemerintah pusat telah mentransfer sebesar Rp2,1 triliun dari total dana Otsus tahun ini sebesar Rp4,9 triliun.

“Awal Mei kemarin kita sudah transfer ke Kabupaten/kota lebih dari Rp1 triliun untuk tahap pertama,” ucapnya.

Untuk laporan hasil pertanggung jawaban keuangan, Arisoy mengaku hingga saat ini BPK perwakilan Papua masih melakukan audit termasuk penyerapan anggaran yang dinilai masih sangat rendah, dimana hanya berkisar Rp30 persen.

Sementara untuk penyerapan anggaran sudah termasuk transfer dana Otsus dari Provinsi ke kabupaten/kota.
Meski penyerapan anggaran masih sangat minim, namun tidak akan mempengaruhi pembahasan anggaran APBD Perubahan yang direncanakan akan dimulai bulan ini.

“Tidak berpengaruh. Sebab perubahan dari sisi administrasi yang tidak sesuai maka akan disesuaikan. Yang induk tetap jalan, proses adiministrasinya dan pelelangan tetap jalan,” katanya.

Sebelumnya. Gubernur Papua Lukas Enembe telah memberi ultimatum kepada para bupati dan wali kota di 29 kabupaten dan kota se Papua untuk segera melaporkan penggunaan dana Otsus tepat waktu. (Alexander Loen)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pemprov Pending Dana Otsus Mappi