Jelang Lebaran Disperindag Periksa Barang Kadaluarsa

share on:
nampak petugas Disperindag saat memeriksa barang kadaluarsa di Pasar Sentral (Jubi/Istimewa)
Petugas Disperindag saat Memeriksa Barang Kadaluarsa di Pasar Sentral (Jubi/Istimewa)

Timika, Jubi – Kepala Seksi (Kasie) Metrologi Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Juliani, mengatakan menjelang hari raya Idul Fitri, pihaknya telah melakukan pemantauan terhadap barang-barang kadaluarsa.

“Menjelang lebaran ini, Diperindag telah melakukan pemeriksaan di pasar-pasar pemerintah seperti pasar Bhintuka, Pasar SP 3 dan hari ini dipasar Sentral. Disini kami melakukan pemeriksaan barang –barang yang kadaluarsa,” ujar Juliani, di Pasar Sentral, Selasa (26/5/2015).

Kegiatan ini masuk dalam DPA 2015, yaitu untuk mengawasi barang kadaluarsa. Selain itu, pihak Disperindag juga melakukan pemeriksaan surat perizinanan pedagang seperti SITU, SIUP,TDP,TDI dan TDG.

“Untuk barang kadaluarsa paling banyak kita temukan di pasar Bhituka, itu ada kios yang sebagian besar barangnya sudah kadaluarsa, tetapi masih dijual. Usaha disana juga paling banyak yang tidak memiliki surat izin,” ujar Juliani.

Tidak hanya pasar Bhintuka, barang kadaluarsa juga ditemukan di pasar SP 3 dan juga di Pasar Sentral, namun tidak sebanyak yang ditemukan di Pasar Bhintuka.

Disamping pemeriksaan barang dan juga perizinanan, pihak Disperindag juga melakukan sosialisasi kepada para pedagang.

“Dulu kami sudah sering lakukan sosialisasi namun sepertinya masih kurang efektif terutama para pedagang pribumi mereka ini masih belum memahami betul sehingga kami dinas merasa perlu terus melakukan sosialisasi,” terangnya.

Dengan ditemukan barang-barang yang kadaluarsa, Juliani berharap agar para pemebeli perlu jeli dalam membeli barang.

“Ya kalau bisa pembeli sebelum membeli barang , yang utama perlu diperhatikan dulu tanggal kadaluarsanya. Konsumen juga harus pintar dalam membeli barang jadi tidak main asal beli begitu saja,” harapnya.

Timbangan Pasar Sentral Ditera Ulang

Sementara itu, menjaga adanya kecurangan, timbangan di Pasar Sentral ditera ulang oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

Dikatakan Juliani, dalam inspeksi mendadak (sidak) yang dilakukan pihak Disperindag, pihaknya sudah melakukan penyitaan beberapa timbangan yang dinilai tidak layak .

“Saat kami sidak di beberapa lokasi pasar seperti di Bhintuka kami temukan dua timbangan yang bermasalah dan kami sita karena ada yang sudah rusak dan yang satunya lagi sudah dimodifikasi, Sedangkan di pasar sentral saat kami cek sebagian timbangan di lokasi pasar Mala mini, ada satu timbangan yang memang sudah dimodifikasi oleh pemiliknya dan terpaksa kami sita juga,” jelasnya.

Lanjutnya Juliani, untuk Pasar Sentral ini pihaknya akan terus melakukan tera ulang terhadap timbangan, sehingga masyarakat tidak perlu kawatir dalam membeli barang yang ada di Pasar Sentral ini.

“Sidak ini juga merupakan tugas kami dari bagian Metrologi. Kami khusus untuk melakukan tera ulang timbangan. Guna memastikan timbangan yang ada memang layak untuk dipakai.  Dan ini juga sebagai bentuk pengawasan dari Dinas sebelum hari lebaran tiba,” tandasnya.

Sementara itu, Seorang Pedagang, Abdullah berharap pemerintah bisa mengecek setiap kebutuhan harga bahan pokok, sehingga harga barang tetap terkontrol dan terkendali tanpa dinaikan sepihak.

“Kami berterimakasih jika dilakukan penataan terhadap pasar, demikian juga terhadap harga barang harus dilakukan,” pintanya. (Eveerth Joumilena

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Jelang Lebaran Disperindag Periksa Barang Kadaluarsa