PPD Dan PPS di 20 Distrik Telah Dilantik

share on:
Pilkada
Anggota KPU Merauke, Gregorius Rahayo. Jubi/Frans L Kobun

Merauke, Jubi- Panitia Pemilihan Distrik (PPD) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di kampung-kampung, telah dilantik. Pelantikan telah dilakukan oeh ketua dan anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Merauke. Sedianya, mereka akan menjalankan tugasnya, setelah dilakukan bimbingan teknis (Bimtek) di tingkat kabupaten.

Hal itu disampaikan Anggota KPU Kabupaten Merauke, Gregorius Teguh Raharyo saat ditemui Jubi di ruang kerjanya Selasa (26/5/2015). Dijelaskan, khusus untuk PPD adalah lima orang yang dilantik. Sedangkan PPS tiga orang. Nantinya mereka akan menjalankan tugas dan tanggungjawabnya untuk mengawasi berbagai tahapan selama pelaksanaan Pilkada Merauke pada 9 Desember 2015 nanti.

Mereka yang dilantik itu, demikian Gregorius, telah melalui beberapa tahapan mulai dari wawancara lisan, tertulis serta tahapan lain. Jadi, tidak serta merta memilih orang dan langsung dilantik. Tetapi dilihat secara cermat track record dari setiap calon.

Dikatakan, dari jumlah distrik tersebut, 19 anggota PPD dan PPS telah dilantik. Hanya tersisa satu distrik yakni Tabonji. Tetapi rencananya, pelantikan akan dilakukan hari ini. Sehingga mereka juga mempersiapkan diri untuk mengikuti pelaksanaan Bimtek.

Setelah Bimtek dijalankan dan atau dilaksanakan, anggota PPD maupun PPS sudah mulai bekerja. Apalagi tugas dan tanggungjawabnya juga sangat besar untuk mempersiapkan segala sesuatu berkaitan dengan pelaksanaan Pilkada hingga sampai pencoblosan serta pengiriman surat suara.

Ditambahkan, secara tekhnis, semua anggota PPD dan PPS akan diberikan pemahaman yang baik dan benar saat pelaksanaan Bimtek. Sehingga mereka bisa bekerja sesuai aturan dan tetap mengedepankan yang netralitas serta profesionalisme.

Secara terpisah, Ketua KPU Merauke, Antonius Kaize mengatakan anggota PPD dan PPS yang dilantik tidak sembarangan, tetapi melalui beberapa tahapan. “Ya, kita sudah memilih mereka dan tentunya harus melaksanakan tugas dengan sebaik mungkin,” katanya. (Frans L Kobun)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  PPD Dan PPS di 20 Distrik Telah Dilantik