Jelang Puasa, BPOM Gelar Razia Makanan Kadaluwarsa

share on:

Jayapura, Jubi – Menjelang Bulan Ramadhan, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) akan menggelar razia makanan kadaluwarsa.

“Kami akan melakukan swiping dalam waktu dekat ini. Biasanya banyak pedagang nakal yang masih menjual barang-barang kadaluwarsa kepada konsumen,” kata Tikurara Bumbungan, Pemeriksa dan Pengendalian BPOM, kepada wartawan, Rabu (27/5/2015).

Tikurara mengatakan razia akan dilakukan di Kota Jayapura. Tapi dirinya enggan menjelaskan di titik mana saja razia akan dilakukan.

Sementara itu, Wali Kota Jayapura, Benhur Tommy Mano, mengimbau masyarakat agar mewaspadai barang-barang kadaluwarsa yang beredar di pasaran.

“Kami mengimbau kepada masyarakat agar memeriksa terlebih dahulu tanggal kadaluwarsa sebelum membeli sebuah produk. Jangan sampai yang dibeli adalah produk kadaluwarsa,” kata Mano, kepada wartawan, Rabu (27/5/2015).

Ia juga minta Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) bersama BPOM untuk melakukan razia terhadap para penjual es batu dan air isi ulang.

“Saya akan memberikan surat perintah untuk memeriksa para penjual es batu dan air isi ulang. Mereka harus benar-benar membuat es batu dengan air masak dan betul-betul sehat untuk dikonsumsi masyarakat. Maraknya usaha air isi ulang, kami bersama BPOM akan mengawasi para pedagang air isi ulang ini supaya mereka benar-benar menyediakan air yang bersih dan sehat,” kata Wali Kota. (Munir)

Editor : Dewi Wulandari
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Jelang Puasa, BPOM Gelar Razia Makanan Kadaluwarsa