John Gobay : Tidak Benar Ada Penyanderaan Dua Anggota TNI di Enarotali

share on:
Jhon NR Gobay, Ketua DAD Paniai. Jubi/IST
Jhon NR Gobay, Ketua DAD Paniai. Jubi/IST

Jayapura, Jubi – ketua Dewan Adat Daerah (DAD) Paniai, John Gobay membantah informasi adanya penyanderaan dua anggota TNI yang bertugas di kantor Koramil Komopa, masing masing Serda Lery, anggota Koramil distrik Komopa  dan Prada Sholeh, anggota Kostrad 303/Raider.

“Tidak ada sandera di Paniai, jangan dibesar-besarkan serta mau alihkan kasus Paniai,” tegas John Gobay.

Info yang didapatkan dari masyarakat di Enarotali maupun Komopa, lanjut Gobay, adalah dua anggota Koramil Komopa ini kemarin sore ada naik speedbot  dari ujung lapangan bersama masyarakat Komopa. Sampai di  dekat gabungan Kali Eka dan kali Aga, masyarakat mengatakan pada kedua anggota Koramil jika di ujung kali ada markas OPM.
“Jadi keduanya diminta selamatkan diri. Bukan disandera. Mereka dua lompat dari speedboat dan mereka dua bermalam di rawa-rawa,” jelas Gobay kepada Jubi, Rabu (27/5/2015) di Jayapura.

Lanjutnya, kedua anggota TNI itu telah telah diselamatkan oleh Kopassus, anggota Timsus dan Koramil pada hari Rabu 27 Mei 2015.

“Kedua anggota TNI ini telah diselamatkan oleh Kopassus, Timsus dan Koramil lewat jalan darat. Lainnya naik speedboat baru sudah diamankan. Nah info ini yang sa tahu, kalo selain itu tidak tahu,” ujarnya.

Gobay menduga, ini hanya skenario yang dikembangkan oleh aparat keamanan untuk mengaburkan upaya menguak kasus penembakan empat siswa yang terjadi pada bulan Desember tahun lalu.

“Ini seperti sinetron saja. Lebih baik fokus pada upaya mengungkap pelaku penembakan empat siswa tahun lalu daripada mengembangkan cerita seperti ini,” tambah Gobay.

Sebelumnya, Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Fransen Siahaan mengaku dua anggota TNI yang bertugas di Enarotali sejak Selasa (26/5) malam disandera oleh kelompok bersenjata namun telah bebas.

“Sudah bebas, mereka berhasil meloloskan diri,” kata Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Fransen G Siahaan.

Ia menjelaskan bahwa kedua anggota yang disandera oleh kelompok bersenjata di Paniai itu berhasil melepaskan diri, setelah sebelumnya dikabarkan ditahan oleh pimpinan Demianus Magai Yogi. (Arnold Belau)

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  John Gobay : Tidak Benar Ada Penyanderaan Dua Anggota TNI di Enarotali