Jelang Pilkada, RT/RW harus benahi data Kependudukan.

share on:
Ilustrasi Pilkada (Google.com)
Ilustrasi Pilkada (Google.com)

Jayapura, Jubi – Kendati Pemilihan Kepala Daerah Kota Jayapura masih dua tahun lagi, namunĀ  RT/RW se-Kota Jayapura diharapkan memudahkan pendataan kependudukan untuk pelaksanaan pilkada itu sendiri.

“Sangat penting data penduduk karena kita bisa mengetahui penduduk dari luar. Itu merupakan peran dari RT/RW,” ujar Wali Kota Jayapura, Benhur Tommy Mano, Jumat (29/5/2015).

Untuk itu, Mano berharap adanya pengetahuan yang cukup, terkait administrasi dokumen kependudukan bagi RT/RW yang ada di Kota Jayapura.
“Dokumen kependudukan ini merupakan satu rangkaian yang tak terpisahkan dimana didalamnya juga e-KTP, akta pengangkatan hak-hak anak atau akta kematian. Sehingga posisi RT/RW dalam pendataan tersebut sangat penting,” tambah Mano.

Terpisah, mengenai perencanaan Pilkada tahun 2017 nanti, Ketua KPU Kota Jayapura, Jeremias Numberi mengatakan saat ini pihaknya sedang melakukan persiapan internal, salah satunya koordinasi dengan KPU provinsi untuk penyusunan anggaran.
“Pilkada untuk tahun 2017 jatuh pada Februari 2017 dan tahapan harus dimulai 8 bulan sebelum hari H. Sesuai UU ada tahapan dimulai Juni. Untuk sementara ini hanya internal saja dan tahun depan kita mulai,” ungkap Jeremias Numberi melalui telepon selularnya, Jumat (29/5/2015). (Sindung Sukoco)

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Jelang Pilkada, RT/RW harus benahi data Kependudukan.