BPKLN Akan Hadirkan Pedagang Valas

share on:
Kepala Badan Perbatasan dan Kerjasama Luar Negeri Papua, Suzana Wanggai -  Jubi/Alex
Kepala Badan Perbatasan dan Kerjasama Luar Negeri Papua, Suzana Wanggai – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Badan Pengelola Perbatasan dan Kerjasama Luar Negeri (BPKLN) Provinsi Papua akan menghadirkan para pedagang valuta asing (Valas) resmi di wilayah perbatasan Papua dan Papua Nugini.

“Rencana ini sudah lama, hanya belum terlaksana. Muda mudahan 2015 ini dapat terwujud,” kata Kepala Badan Pengelola Perbatasan dan Kerjasama Luar Negeri Papua, Suzana Wanggai, di Jayapura, Rabu (3/6/2015).

Untuk dapat menghadirkan para pedagang valuta asing ini, ujar dia, BPKLN akan bekerja sama dengan pihak perbankan yang ada di Provinsi Papua. Dimana pengawasannya akan dilakukan oleh perbankan.

“BPKLN nantinya hanya berfungsi sebagai koordinator yang akan mengkoordinir kaitannya dengan lintas batas dan batas wilayah,” ucapnya.

Ia menjelaskan pertukaran uang di wilayah perbatasan Papua dan Papua Nugini, khususnya di Pasar Wutung sudah sangat tinggi, sehingga kehadiran pedagang valuta asing yang resmi sangat penting.

“Aktivitas pasar di wilayah perbatasan Papua dan Papua Nugini tetap berjalan sehingga kami harus mengkoordinir dengan menghadirkan pedagang valuta asing yang resmi,” kata Wanggai.

Sebelumnya. Gubernur Papua Lukas Enembe mengatakan, saat ini Pemerintah sedang berupaya memberikan perhatian yang serius dalam memajukan dan mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah perbatasan, yang merupakan bagian terdepan dan penting sebagai wajah Negara Kesatuan Republik Indonesia. (Alexander Loen)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  BPKLN Akan Hadirkan Pedagang Valas