Jelang Puasa dan Lebaran, Bulog Papua Pastikan Stok Aman Hingga Tiga Bulan

share on:
Kadivre Bulog Papua saat menujukkan beras Bulog di gudang Bulog Santa rosa - Jubi/Sindung
Kadivre Bulog Papua saat menujukkan beras Bulog di gudang Bulog Santa rosa – Jubi/Sindung

Jayapura, Jubi – Kepala Bulog Divisi Regional (Divre) Papua dan Papua Barat, Arif Mandu, memastikan menjelang bulan Ramadhan dan Idul Fitri, stok beras aman hingga tiga bulan ke depan.

“Stok kita aman hingga tiga bulan ke depan, baik untuk wilayah Papua maupun Papua Barat. Masyarakat tidak perlu khawatir ketahanan stok dalam menghadapi Ramadhan dan Lebaran,” kata Arif kepada wartawan di Kantor Bulog Papua, Kamis (4/6/2015).

Terkait kualitas beras yang banyak mendapatkan sorotan, Arif menjelaskan Bulog memiliki beras kualitas medium dan tentunya layak dikonsumsi serta bebas dari beras plastik.

Terkait lonjakan harga beras sejumlah merek tak terkecuali beras Bulog di sejumlah pasar di Kota Jayapura, Arif mengatakan Bulog tidak menentukan harga beras, kecuali ada operasi pasar.

“Kami tak menentukan Harga Eceran Tertinggi (HET) untuk beras Bulog kecuali jika dilakukan operasi pasar. Operasi pasar hanya dilakukan jika ada permintaan dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perdagangan,” kata Arif.

Arif juga minta kepada distributor untuk tidak menimbun barang sehingga terjadi lonjakan harga.

“Selalu ada tren peningkatan konsumsi beras di bulan Ramadhan. Saya harap pelaku pasar untuk bersama-sama menjaga stabilitas harga agar pasokan lancar,” kata Mandu.

Dikutip dari CNN Indonesia, Perum Bulog menyatakan cadangan beras jelang puasa dan Lebaran aman, baik jumlah dan kualitasnya.

“Saat ini pengadaan dalam negeri masih berlanjut rata-rata 25 ribu ton per hari. Dengan pengadaan ini diharapkan stok terus bertambah,” kata Direktur Utama Bulog, Lenny Sugihat. (Sindung Sukoco)

Editor : Dewi Wulandari
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Jelang Puasa dan Lebaran, Bulog Papua Pastikan Stok Aman Hingga Tiga Bulan