Reboisasi Kamp Walker Pemkota Tanam 7000 Pohon

share on:
Benhur Tommy Mano, Walikota Jayapura menanam pohon di Kawasan Kamp Walker, memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Jumat (5/6/2015) - Jubi/Munir
Benhur Tommy Mano, Walikota Jayapura menanam pohon di Kawasan Kamp Walker, memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Jumat (5/6/2015) – Jubi/Munir

Jayapura, Jubi – Pemerintah Kota Jayapura menanam sebanyak 7000 bibit pohon di Kawasan Kamp Walker. Kegiatan dimulai pukul 08.00 WIT dan dihadiri oleh para pegawai yang ada dilingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, Tentara Nasional Indonesi (TNI), serta perwakilan murid dari sekolah yang ada di Kota Jayapura.

Kegiatan ini reboisasi daerah tangkapan hujan bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2015.

“Kita berada digugusan tanahTabi, dari Sentani sampai Jayapura. Yang dilintasi Gunung Cyclop, maka tanggung jawab kita bersama pemerintah Kabupaten Jayapura, ini kita harus jaga, amankan dan lestarikan,” kata Mano, Wali Kota Jayapura, Jumat (5/6/2015).

Mano mengatakan, Gunung Cyclop memiliki cadangan air yang besar serta sumber daya alam yang sangat besar.

“Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura sudah memiliki Perda guna menjaga pegunungan Cycloop. Sementara Pemerintah Kota Jayapura sendiri sedang menyusun dan akan melaksanakan Perda guna penyelamatan gugusan Cycloop,” katanya.

Sementara itu, Ketty Kailola mengatakan kawasan Kamp Wolker dipilih sebagai tempat penanaman pohon, sebab kondisi di kawasan Cycloop sudah rusak akibat penebangan hutan.

“Debit air dari kawasan Kamp Wolker ini sudah mulai berkurang, oleh karena itu bapak Wali Kota memilih tempat ini karena Kamp Wolker merupakan sumber air kita yang terbesar,” kata Kailola kepada wartawan, Jumat (5/6/2015).

Pihaknya juga menambahkan Kawasan Kamp Wolker ini sudah banyak di jamah oleh masyarakat untuk di jadikan daerah perkebunan oleh masyarakat.

“Pada Hari ini kita tanam 10.000 pohon, namun yg tertanam hanya sekitar 7000 lebih. Pohon yang kita tanam hari ini, Merbau, Mahoni, Kayu Damar,  Terambesi, Gamelina dan tanaman campuran rimba lainnya,” katanya. (Munir)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Reboisasi Kamp Walker Pemkota Tanam 7000 Pohon