Gerakan Mosi Tidak Percaya PM Vanuatu

share on:
Perdana Menteri Vanuatu, Joe Natuman. Photo: RNZ / Kim Baker Wilson
Perdana Menteri Vanuatu, Joe Natuman. Photo: RNZ / Kim Baker Wilson

Jayapura, Jubi – Sebuah gerakan mosi tidak percaya sedang dilakukan blok oposisi terhadap Perdana Menteri Vanuatu, Joe Natuman.

Juru Bicara untuk Vanuatu, Philip Boedoro, telah mengkonfirmasi blok oposisi yang dipimpin oleh Moana Karkas telah mengumpulkan mosi tidak percaya terhadap Perdana Menteri Joe Natuman.

Gerakan mengumpulkan mosi tidak percaya itu, yang terdiri dari 21 tanda tangan, telah diberikan kepada Philip Boedoro pada Kamis (4/6/2015) sore, demikian dilaporkan Radio New Zealand, Jumat (5/6/2015).

Philip Boedoro mengatakan, keputusan tentang apakah ia menerima atau tidak atas mosi tersebut baru akan dilakukan pada Senin (8/6/2015), ketika anggota Parlemen bertemu dalam sesi pertama 2015.

Philip Boedoro mengatakan, pihak oposisi mengumpulkan mosi tidak percaya itu setelah sesi ekstra-biasa minggu ini telah ditutup.

Ia juga menegaskan bahwa dirinya telah menerima surat dari dua menteri yang baru diangkat yaitu menteri Luar Negeri, Kalvau Moli, dan Menteri Kehakiman dan Kesejahteraan Sosial, Osea Nevu. Kedua menteri baru itu meminta agar tanda tangan mereka yang telah dikumpulkan sebelumnya dalam mosi tidak percaya terhadap PM Joe Natuman segera ditarik dari gerakan tersebut.

Sebanyak 27 orang yang masih dibutuhkan suaranya untuk mencapai gerakan mosi tidak percaya yang sukses, atau harus mencapai sebanyak 48 suara. (Yuliana Lantipo)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Gerakan Mosi Tidak Percaya PM Vanuatu