FDS Tidak Berdampak Positif Bagi Masyarakat

share on:
Tarian diatas perahu oleh masyarakat pesisir danau sentani - Jubi / Engel Wally
Tarian diatas perahu oleh masyarakat pesisir danau sentani – Jubi / Engel Wally

Sentani, Jubi – Mendekati hari pelaksaanaan Festival Danau Sentani (FDS) 8 Tahun ini, muncul banyak argumen di tengah masyarakat tentang FDS itu sendiri. Dampak positif yang diharapkan dari penyelenggaraan FDS ini yang katanya sudah di promosikan sampai di luar negeri belum dirasakan sedikitpun oleh masyarakat yang setiap harinya berada di lokasi pelaksanaan FDS.

“Selama delapan tahun pelaksanaannya, dampak apa yang diterima oleh masyarakat adat Danau Sentani secara umum dan khusus bagi masyarakat yang tinggal di lokasi penyelenggaraan? Lalu bagaimana dengan peran FDS terhadap pendapatan asli daerah,” tanya Kris Ansaka, mantan wartawan Papua, Senin ( 8/6/2015).

Apabila pelaksanaan FDS usai dilaksanakan, lokasinya akan di biarkan begitu saja tanpa ada tindakan lanjut.
“Kalau begitu, apa yang mau kita capai dari FDS ini ?” tanyanya lagi.

Lanjut Kris, iven ini hanya dijadikan lahan bagi oknum – oknum pemangku kepentingan, sementara nilai dan dampak positifnya tidak dipikirkan untuk kelansungan hidup masyarakat luas.
“Sepintas, nampaknya FDS ini hanya acara seremonial belaka yang dijadikan proyek prestise dari penguasa di Kabupaten Jayapura,” lanjutnya.

Senada dengan hal ini, Wen Weynand salah satu seniman lokal di Jayapura mengaku dalam beberapa kegiatan FDS sebelumnya ia aktif  memamerkan hasil kreatifitas yang dimilikinya sebagai seorang seniman, namun belakangan ini sudah tidak lagi.
“FDS yang pertama dan ke tiga saya terlibat secara aktif, namun sekarang ini FDS seperti hilang makna. SKPD sudah mengambil alih tugas kita, stand dari semua distrik yang dipajang di dalam arena FDS. Aneh, ini bukan pameran pembangunan, pemerintah hanya memanfaatkan FDS sebagai laporan akhir tahunan untuk menutupi kecurangan mereka,” kesalnya.

Sementara itu Kepala Dinas Parawisata Kabupaten Jayapura Kris Kores Tokoro yang juga sebagai Ketua Panitia, ketika dihubungi telepon selularnya untuk dikonfirmasi, telepon selularnya tidak aktif. (Engel Wally)

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  FDS Tidak Berdampak  Positif Bagi Masyarakat