SD YPPK Bonaventura Juara Lomba Kompetensi Mata Pelajaran

share on:
Rektor Pendidikan Satu Atap Kolese Santo Antonius Padua Sentani menyerahkan piala bergilir kepada juara umum SD YPPK BONAVENTURA SENTANI dalam Kompentensi tingkat SD - Jubi / Engel Wally
Rektor Pendidikan Satu Atap Kolese Santo Antonius Padua Sentani menyerahkan piala bergilir kepada juara umum SD YPPK BONAVENTURA SENTANI dalam Kompentensi tingkat SD – Jubi / Engel Wally

Sentani, Jubi – Dalam rangka melaksanakan salah satu visi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura yaitu JAYAPURA CERDAS dan sebagai bentuk sumbangsih dalam pemetaan pengetahuan bagi siswa-siswi sekolah dasar di lingkungan kota Sentani, SMP Santo Antonius Padua Sentani menyelenggarakan Kompetisi Mata Pelajaran Tingkat Sekolah Dasar yang diikuti oleh 6 (enam) Sekolah Dasar, yaitu SD Inpres Kartika Hawai, SD Inpres Dobonsolo, SD Inpres Abeale I, SD YPK Marthen Luther, SD YPPK Bonaventura dan SD YPK Onomi, dari 15 (lima belas) sekolah dasar yang diundang.

Sebanyak 30 (tiga puluh) siswa-siswi mengikuti kompetisi dengan materi yang dilombakan adalah mata pelajaran Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Sosial, Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika. Kompetisi digelar selama dua hari, 27 hingga 28 Mei 2015 dan penutupan serta pengumuman pemenang dilakukan pada 30 Mei 2015 lalu.

Rektor Pendidikan Satu Atap Kolose Antonius Padua dalam rilisnya yang diterima Jubi, Senin (8/6/2015) mengatakan, penyelenggaraan kompetisi ini mendapat izin resmi dari Dinas P & P Kabupaten Jayapura.  Hasil yang hendak dicapai adalah pihak penyelenggara sekolah, guru-guru dan pihak terkait lainnya dapat mengetahui kekurangan yang ada dan dapat memperbaiki untuk meningkatkan mutu pengetahuan anak didik di sekolah masing-masing.
“Karena hasil kompetisi dikeluarkan dengan menggunakan metode analis, sehingga lebih jelas kemampuan dan ketidakmampuan siswa dalam mengerjakan ujian pada satu mata pelajaran,” jelas Pastor Yohanes Kore Selaku Rektor Pendidikan satu atap Kolese Santo Antonius Padua Sentani.

Lanjut Pastor, pada kesempatan ini pula pihaknya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kepala Dinas P & P Kabupaten Jayapura yang memberikan izin penyelenggaraan melalui Kabid. Pendidikan Dasar, kepada Kepala-kepala Sekolah yang mengirimkan siswa-siswinya sebagai peserta dan terlebih kepada siswa-siswi peserta.

Dalam kompetisi ini, sekolah yang menjadi juara dan siswa-siswi yang keluar menjadi juara adalah :
– Juara I Kategori Sekolah, adalah : SD YPPK Bonaventura
– Juara II Kategori Sekolah, adalah : SD YPK Marthen Luther
– Juara III Kategori Sekolah, adalah : SD INPRES Kartika Hawai
– Juara I Kategori Individu, adalah : Imelda M Irab dari SD YPPK Bonaventura
– Juara II Kategori Individu, adalah : Austa M.I.L. Kogoya dari SD YPPK Bonaventura
– Juara III Kategori Individu, adalah : Abraham Mehue dari SD YPPK Bonaventura
– Juara Umum, adalah : SD YPPK Bonaventura

Sementara itu Heridimus Yoku salah satu Guru pada Sekolah Dasar di Sentani yang juga mengirimkan anak didiknya pada lomba tersebut mengaku sangat senang dengan kegiatan seperti ini. Menurutnya dengan banyak lomba kompetensi yang dilakukan secara khusus pada setiap mata pelajaran, dengan sendirinya akan memacu dan meningkatkan kreativitas dari anak – anak didik untuk terus bersaing antara satu sekolah dengan sekolah yang lain.
“Tetapi yang perlu diingat disini adalah anak didik kita secara langsung sudah diajak untuk terus belajar,” ujarnya. (Engel Wally)

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  SD YPPK Bonaventura Juara Lomba Kompetensi Mata Pelajaran