Komisi I DPR Papua Temukan Berbagai Hal di Lapas Abepura

share on:
Mathea Mamoyau Ketiak Berbincang - Bincang dengan Tahanan Wanita di Lapas Abepura, Selasa (9/6/2015) - Jubi/Arjuna
Mathea Mamoyau Ketiak Berbincang – Bincang dengan Tahanan Wanita di Lapas Abepura, Selasa (9/6/2015) – Jubi/Arjuna

Jayapura, Jubi – Pihak Komisi I DPR Papua bidang Politik, Hukum dan HAM menyatakan menemukan berbagai hal di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klass IIA Abepura, Kota Jayapura ketika melakukan kunjungan kerja, Selasa (9/5/2015).

Sekretaris Komisi I DPR Papua, Mathea Mamoyau mengatakan, selain beberapa fasilitas di Lapas yang perlu pembenahan, temuan lain pihaknya terkait para tahanan.

“Di Lapas, ada ibu – ibu dari Sarmi pelaku penganiayaan ditahan. Dari keterangan dia, kasus itu sudah diselesaikan secara kekeluargaan, dan menempuh jalur damai. Tapi kini justru ia berada di lapas. Saya harap polisi dan jaksa jangan asal ‘lempar’ orang ke Lapas. Ada aturan, beri waktu 21 hari kedua pihak berdamai, saya rasa tak masalah,” kata Mathea, Selasa (9/6/2015) petang.

Menurutnya, pengakuan lain tahanan itu katanya, ia belum menandatangani Berita Acara Pemeriksaan (BAP), namun sudah dikirim ke Lapas Abepura. Mereka mengaku awalnya tak ditahan, namu tiba – tiba mereka dipanggil di tahan di rutan lalu dibawa ke Lapas.

“Selain itu, pengakuan tahan dari Sarmi, dia belum di BAP, sudah dikirim ke Lapas Abepura. Ini jelas tak benar,” ucapnya.

Untuk kasus tahanan Tindak Pidana Korupsi, lanjut dia, ada tahanan yang mengaku dijebloskan ke penjara lantaran dugaan faktor hubungan asmara oknum jaksa dengan istrinya.

“Jadi ada oknum jaksa menyelingkuhi istri tahanan itu dan suaminya dijadikan tersangka Tipikor. Inikan tidak benar. Ini harus dilihat secara baik,” katanya.

Hal yang sama dikatakan anggota Komisi I DPR Papua, H. Syamsunar Rasyid. Katanya, hukum tetap hukum, tapi perlu ada pertimbangan tertentu untuk kasus – kasus tindak pidana ringan yang bisa diselesaikan secara kekeluargaan.

“Kalau sudah ada penyelesaian kekeluargaan dengan pelaku dan korban untuk apa kasus itu di lanjutkan,” ucap Syamsunar. (Arjuna Pademme)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Komisi I DPR Papua Temukan Berbagai Hal di Lapas Abepura