Disperindagkop Pastikan Stok Sembako Aman hingga Tiga Bulan ke Depan

share on:

Jayapura, Jubi – Dalam inspeksi mendadak (sidak) yang dilakukan, Rabu (10/6), Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi (Disperindakop) Kota Jayapura, Robert Awi, memastikan ketahanan stok sembilan bahan pokok (sembako) di Kota Jayapura aman, menjelang Ramadhan.

“Dari laporan 13 distributor yang ada di Kota Jayapura, ketahanan stok mereka mencapai kurang lebih 3 bulan ke depan. Itu belum yang ada dalam proses bongkar muat,” kata Robert Awi, usai sidak di Hypermart dan distributor Entrop, Rabu (10/6/2015) siang.

Ia juga mengharapkan menjelang hari keagamaan ini, para pedagang tidak menaikkan harga karena jika ditemui, Pemerintah Kota Jayapura bakal memberikan sanksi tegas bagi pedagang tersebut.

“Sanksi administrasi akan kami berikan teguran pertama, kedua, dan ketiga. Bahkan bisa saja pencabutan izin usaha,” katanya.

Sementara itu, Tim Pemantau dan Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Jayapura, yang dipimpin Sekretaris Daerah Kota Jayapura, R.D Siahaya, usai melakukan sidak mengatakan dari hasil pemantauan yang dilakukannya, jumlah stok berbagai kebutuhan yang tersedia termasuk aman, baik dari penggunaan obat berbahaya serta tanggal kadaluwarsanya.

“Stok untuk beberapa bulan ke depan aman. Stok barang setelah diperiksa Balai POM, juga aman. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir terkait sembako,” kata Siahaya.

Sekda menambahkan dalam waktu satu dua hari ke depan, bakal dilakukan pemantauan lagi dan akan dipimpin langsung Walikota Jayapura, Benhur Tommy Mano, dengan daerah tujuan sidak adalah ke pasar dan gudang distributor bahan pangan yang ada di Kota Jayapura.

“Nanti juga secara keseluruhan akan dilakukan langsung oleh Pak walikota, dalam satu dua hari ke depan,” katanya. (Sindung Sukoco)

 

Editor : Dewi Wulandari
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Disperindagkop Pastikan Stok Sembako Aman hingga Tiga Bulan ke Depan