Ramadhan dan Idul Fitri 1436 H, Pertamina Pastikan Stok BBM Aman

share on:
Sosialisasi Pertamina Dex beberapa waktu lalu(Jubi/Sindung)
Sosialisasi Pertamina Dex beberapa waktu lalu(Jubi/Sindung)

Jayapura, Jubi – PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region VIII memastikan pasokan BBM dan LPG selama Ramadhan dan Idul Fitri, aman.

“Ada beberapa langkah yang kami lakukan untuk mengantisipasi kenaikan konsumsi BBM dan LPG pada periode tersebut, yang kami perkirakan besaran kenaikan besaranya antara 5-10 persen jika dibanding Ramadhan dan Idul Fitri tahun lalu,” kata Muhamad Irfan, General Manajer (GM) PT Pertamina (Persero) MOR VIII Papua-Maluku, saat press conference di kantor MOR VIII, Rabu (9/6/2015) siang.

Terkait ketahanan stok, Irfan mengakui pihaknya terus menjaga stok di 10 Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) yang ada. Pihaknya rutin akan mengawasi stock build up yang ada melalui sistem komputerisasi Sistem Informasi Management Supply dan Distribution (SIM S&D).

Selain itu, Pertamina telah membentuk Posko Satuan Tugas (Satgas) pemantauan ketersediaan BBM dan LPG serta kesiapan pelayanan kepada masyarakat.

“Kita awasi dan pantau ketersediaan BBM dan distribusinya,” kata Irfan.

Khusus minyak tanah, pihaknya akan siap melaksanakan operasi pasar (OP) jika diperlukan, sepanjang pemerintah daerah meminta Pertamina untuk melakukan OP atau Penyaluran Langsung Tepat Sasaran, terutama di kantong-kantong penduduk muslim, selama bulan Ramadhan.

“Bahkan jika diperlukan, Depot Pengisian akan bekerja selama 24 jam, khususnya di H-7 atau H-5 untuk melayani kebutuhan BBM yang biasanya terjadi seperti tahun-tahun sebelumnya dengan perkiraan akan naik 30 persen dari hari biasanya,” kata Irfan.

Jeffry Affandi, Retail Fuel Manager PT Pertamina (Persero) MOR VIII, mengaku untuk update stok BBM saat ini masih di angka aman.

“Untuk stok hingga 10 Juni, Premium ketahanannya hingga 14 hari mendatang, Kerosine atau Minyak Tanah 21 hari, dan Avtur mencapai 11,7 hari,” kata Jeffry. (Sindung Sukoco)

Editor : Dewi Wulandari
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Ramadhan dan Idul Fitri 1436 H, Pertamina Pastikan Stok BBM Aman