Wagub Himbau Polda Beri Jaminan Keamanan Warga Organda

share on:
Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal - Jubi/Alex
Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal menghimbau pihak Kepolisian Daerah (Polda) Papua untuk memberi jaminan keamanan bagi warga Perumahan Organda Padang Bulan, Distrik Abepura, Kota Jayapura, pasca bentrok warga, Senin (8/6/2015) yang menewaskan dua warga setempat.

“Kepolisian harus bisa memberikan jaminan keamanan kepada warga masyarakat, tidak boleh ada kasus bentrokan yang terjadi lagi, pelaku pembunuhan harus ditangkap dan dihukum,” kata Klemen Tinal kepada wartawan, di Jayapura, Papua, Rabu (10/6/2015).

Menanggapi kejadian tersebut, dirinya menegaskan, Papua-Indonesia bukan negara barbar yang tak ada aturan, tetapi negara yang dilandasi oleh hukum dan aturan.

“Ini negara hukum, sehingga saya minta kepada kepolisian untuk berikan rasa aman kepada warga, dan mereka bisa kembali melakukan aktivitas seperti biasa, anak-anak bisa kembali sekolah dan pegawai negeri/swasta bisa bekerja kembali,” ucapnya.

Pada kesempatan itu juga, Klemen Tinal juga menghimbau kepada warga Kota Jayapura, khususnya dan Papua pada umumnya untuk tidak terprovokasi melihat peristiwa tersebut. Untuk tangani masalah ini, Pemerintah daerah terus melakukan koordinasi dengan pihak kepolian untuk menjamin keamanan agar masyarakat bisa melakukan aktivitas.

“Mari kita sama-sama ciptakan rasa aman, jangan membawa insiden ini ke masalah suku atau agama, wartawan pun harus beritakan yang benar, jangan bilang insiden ini sudah mengarah ke suku, agama, karena itu pencuri, ya ditangkap dan dihukum,” kata Tinal.

Oleh karna itu, lanjutnya, masyarakat Papua untuk tidak sibuk dengan insiden tersebut, dan biarkan pihak Polisi yang mencari pelakuknya.

“Masalah ini biarlah polisi yang mencari dan hukum pelakuknya sesuai dengan hukum yang berlaku, karena ini kriminal,” katanya lagi.

Secara terpisah, Kepala Kepolisian Resor Jayapura Kota AKBP Jeremias Rontini mengatakan 250 aparat gabungan Polisi, Brimob, dan TNI dari Kodim 1701/Jayapura telah disiagakan di lokasi peristiwa untuk mengamankan situasi.

“Sebanyak 250 personel gabungan, TNI, dan Polri. Mereka akan berjaga secara bergantian, siang dan malam,” kata Rontini. (Alexander Loen)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Wagub Himbau Polda Beri Jaminan Keamanan Warga Organda