Wapres Tegaskan Jabatan Profesional Harus Disertifikasi

share on:

Jakarta, Jubi/Antara – Wakil Presiden Jusuf Kalla menegaskan pegawai negeri yang ingin menduduki jabatan profesional harus melewati proses sertifikasi.

“Semua pegawai untuk jabatan yang profesional harus melewati sertifikasi, kalau dia ingin menjadi kepala dinas perhubungan harus melewati sertifikasi Kementerian Perhubungan. Kalau ingin menjadi kepala dinas pertanian harus mengerti masalah pertanian lewat ujian oleh Kementerian Pertanian,” kata Wapres di Jakarta, Rabu (10/6/2015), saat membuka Rapat Koordinasi Nasional Kepegawaian dengan tema Reformasi Birokrasi menuju ASN yang Profesional dan Berdaya Saing Global.

Wapres menambahkan, semua pegawai negeri yang ingin naik pangkat harus punya sertifikat.

“Masa guru saja punya sertifikat, tapi Anda tidak punya sertifikat lagi,” kata Kalla, di hadapan seribuan peserta Rakornas.

Sertifikasi tersebut dinilai penting karena setiap pejabat yang menjabat mengerti tentang tanggung-jawab dan pekerjaannya.

“Supaya kalau bicara perhubungan tahu tentang perhubungan, bicara pertanian tahu pertanian, bicara PU memang dia tahu jalan, jembatan. Jangan dari kanwil agama langsung masuk ke situ,” katanya.

Pada kesempatan itu, Wapres juga menyerahkan penghargaan Badan Kepegawaian Negara (BKN) kepada kementerian/lembaga dan daerah dengan kategori pengelola kepegawaian terbaik yaitu Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) di peringkat pertama disusul Kementerian Hukum dan HAM serta Badan Intelijen Negara.

Untuk tingkat provinsi peringkat pertama diraih Kalimantan Timur, lalu Jawa Barat, disusul Sumatera Selatan. Sedangkan tingkat kabupaten/kota, yang pertama diraih Kabupaten Sleman, kedua Kabupaten Wajo, serta ketiga Kota Padang. (*)

Editor : Dewi Wulandari
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Wapres Tegaskan Jabatan Profesional Harus Disertifikasi