PLTU Holtekam akan Jual Daya ke Vanimo

Ilustrasi PLN - IST

Ilustrasi PLN – IST

Jayapura, Jubi/Antara – Manajemen PLN Wilayah Papua dan Papua Barat (WP2B) berencana menjual sebagian produksi daya yang dihasilkan Pembangit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Batu Bara Holtekam, ke Pemerintah Kota Vanimo, Papua Nugini.

“Begitu PLTU Holtekam selesai, kita tindak lanjuti dengan menjual dua MW ke Vanimo,” ujar General Manager PLN WP2B, Robert Sitorus, di Jayapura, Kamis (11/5/2015).

Penjualan ini, terang Sitorus, dilakukan sebagai tindak lanjut dari kerja sama antara Pemerintah Indonesia dengan Papua Nugini, yang salah satu kesepakatannya adalah penjualan listrik dari Indonesia.
“Ini mempererat hubungan kedua negara melalui energi,” ucapnya.

Lebih terperinci, ucap Sitorus, nantinya kedua belah pihak akan sama-sama membangun jaringan hingga ke titik perbatasan Skouw, Kota Jayapura, dan di situlah proses jual-belinya berlangsung.
“Nanti PLN akan membangun jaringan listrik sampai perbatasan, dari perbatasan ke Vanimo mereka yang bangun dan ketemu di batas. Nanti titik jualnya di situ, ya ke sana urusan mereka,” katanya.

Dari sisi bisnis, tegas Sitorus, PLN tetap berkeinginan mendapatkan keuntungan meski hingga kini belum ada kesepakatan harga yang ditetapkan kedua belah pihak.
“Hitung-hitungan bisnisnya kita tetap tidak mau rugi. Harganya akan kita tentukan kemudian, artinya kalau kita produksi katakanlah ongkosnya Rp2.000 pasti kita jual ke mereka di atas itu,” ujarnya. (*)

About the author

Related