Wagub Senang Pemprov Terima Opini WTP

share on:
Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal - Jubi/Alex
Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal mengaku sangat senang Pemerintah Provinsi Papua mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) atas laporan keuangan tahun anggaran 2014.

“Saya berterimakasih kepada semua pihak, baik masyarakat, DPR Papua sebagai mitra kerja dan semua yang bekerja keras sehingga pemeriksaan keungan Pemerintah Provinsi Papua mendapat opini WTP,” kata Klemen Tinal usai Rapat Paripurna DPRP dalam rangka penyerahan laporan hasil pemeriksaan (LHP), di Jayapura, Jumat (12/6/2015).

Dengan opini tersbut, ujar Tinal, menjadi hal baik buat pemerintah provinsi di tahun kedua kepemimpinannya bersama Gubernur Lukas Enembe, sehingga membuat semangat dan dorongan untuk mampu meningkatkan dan terus melakukan yang terbaik.

“Semua ini tergantung daripada kerjasama semua pihak yang ada, ini yang kita harap agar terus persatuan dan kesatuan yang sudah ada terus ditingkatkan sehingga kedepan jauh lebih baik,” ucapnya.

Lanjutnya, hasil opini ini lebih penekanan pada output, untuk itu pemerintah juga miliki tanggung jawab moral untuk melihat outcome nya juga.

“Katakanlah kita bangun pipa air tapi airnya tidak mengalir, namun pemerintahannya tertib adiministrasi ini juga menjadi satu beban buat kita selain administrasi baik tetapi outcome nya apapun yang dibangun itu benar benar dinikmati oleh rakyat dimanapun dia ada, baik dari gunung sampai ke pulau-pulau,” kata Tinal.

Disamping itu, pemerintah provinsi juga minta peran aktif dari bupati dan wali kota. Menurut ia, hal ini selalu di tegaskan berkali-kali karena pemerintah provinsi hanya wakil dari pemerintah pusat.

“Jadi bupati dan wali kota yang harus berperan aktif karena mereka adalah penguasa tunggal di daerah masing masing,” katanya.

Sejalan dengan itu, tambah Tinal jika dilihat dari pemeriksaan atau keuangan, dana 80 persen dari dana Otsus itu berada di kabupaten dan kota. “Jadi ini yang kami minta agar bupati dan wali kota lebih rajin koordinasi dengan pemerintah provinsi sebelum ke pusat,” tambahnya.

Hal sedana dilontarkan Ketua DPR Papua Yunus Wonda. Dirinya memberikan apresiasi yang besar kepada pemerintah provinsi Papua dan seluruh satuan perangkat kerja daerah (SKPD) yang memberikan dukungan khusus, sehingga apa yang selama ini dinantikan bisa dilihat bersama.

“Ini perjuangan keras seluruh SKPD dengan kemampuan yang ada bekerja sehingga hasilnya sudah bisa kita lihat sendiri. Persoalan berikut adalah bagaimana mempertahankan penilaian ini karena ini pekerjaan berat,” kata Wonda. (Alexander Loen)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Wagub Senang Pemprov Terima Opini WTP