BNPB Kembali Evakuasi Warga Sekitar Sinabung

share on:

Medan, Jubi/Antara – Badan Nasional Penanggulangan Bencana kembali mengevakuasi warga Kabupaten Karo akibat meningkatnya aktivitas Gunung Sinabung pada Sabtu (13/6) malam.

Dalam pesan singkat yang diterima di Medan, Minggu (14/6/2015), Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan warga yang dievakusi adalah penduduk Desa Sukanalu, Kecamatan Namanteran.

Evakuasi tersebut dimulai pukul 21.40 WIB hingga sekitar pukul 23.00 WIB.

Evakuasi itu dilakukan setelah terjadi rentetan awan panas sebanyak enam kali ke arah tenggara sejauh 3.000 meter dengan ketinggian kolom abu mencapai 2.000 meter.

Warga Desa Sukanalu tersebut dievakuasi ke posko pengungsi yang berada di kantor KNPI Karo di Kabanjahe.

Berdasarkan pendataan sementara, tercatat 2.785 warga Karo yang mengungsi akibat peningkatan aktivitas Gunung Sinabung tersebut.

Untuk mendapatkan data yang lebih lengkap, BNPB akan melakukan pendataan ulang terhadap jumlah pengungsi pada Minggu pagi.

Sebelumnya, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengumumkan kenaikan status Gunung Sinabung dari Siaga menjadi Awas setelah aktivitas gunung itu meningkat.

Kondisi itu menyebabkan Gunung Sinabung berpotensi mengeluarkan guguran kubah yang diikuti awan panas guguran ke arah selatan dan tenggara dengan jangkauan diperkirakan sejauh tujuh kilometer.

Dengan peningkatan status itu, masyarakat yang bermukim dalam radius tujuh kilometer arah selatan dan tenggara Gunung Sinabung direkomendasikan untuk diungsikan yakni Desa Sukameriah, Bekerah, Simacem, Gurukinayan, Kutatengah, Berastepu, Desa Gamber, dan Dusun Sibintun. (*)

Editor : Dewi Wulandari
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  BNPB Kembali Evakuasi Warga Sekitar Sinabung