DPRD Kab Jayapura Sesalkan Pemilihan Kepala Kampung, Berakhir Ricuh

share on:
Kornelis Yanuaring (Wakil Ketua II DPRD Kab Jayapura) - Jubi / Engel Wally
Kornelis Yanuaring (Wakil Ketua II DPRD Kab Jayapura) – Jubi / Engel Wally

Sentani, Jubi – Wakil Ketua II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Jayapura menyesalkan keributan yang terjadi ketika proses pemilihan kepala Kampung terjadi di Kampung Ayapo Senin (15/6/2015) kemarin. Imbas dari apa yang terjadi lalu Panitia Pemilihan menentukan satu calon tunggal dari duabelas calon yang tersedia.

“ Pemerintah seperti melepas tangan terhadap kejadian ini, proses pemilihan kepala kampung yang di lakukan oleh masyarakat di Kampung tersebut tidak hanya dibiarkan begitu saja tetapi pengawasan dan penjelasan mekanisme pemilihan yang benar itu bagaimana?, harus dijabarkan dengan baik kepada mereka sehingga tidak ada perselisihan antara satu dengan yang lain,” tegas Kornelis Yanuaring Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Jayapura di ruang Komisi A, Selasa ( 16/6/2015).

Menurut Yanuaring, Pemerintah tidak hanya memberikan bantuan dana saja ke Kampung, tetapi tanggung jawab dan kewenagan juga harus diberikan kepada mereka. Secara khusus kepada masyarakat Adat, hal ini dimaksud agar persoalan – persoalan seperti ini dapat dicegah sedini mungkin.

“ Memangnya di Kampung Ayapo hanya ada atu orang saja kah?, jadi mau bikin pemilihan tunggal, atau memang di Ayapo sudah tidak ada lagi orang yang bisa mencalonkan dirinya sebagai Kepala Kampung. Ini yang namanya tidak demokrastis, imbasnya nanti masalah jadi panjang lebar, masyarakat lagi yang jadi korban,Pemerintah diharapkan dengan segera agar menyelesaikan persoalan ini langsung di Kampung Ayapo, tentunya kita DPR juga akan segera melakukan pendampingan disna,” katanya.

Di tempat yang sama, Ayub Hikinda yang adalah salah satu bakal calon Kepala Kampung mengaku kalau dirinya juga menjadi korban amukan masa dalam proses pemilihan kepala kampung di tempatnya.

“ Sebelumnya kita sudah menyurati DPR dan juga Bupati terkait kecurangan yang akan terjadi dalam proses pemilihan kemarin, namun surat dan pemberitahuan kami tidak direspon sampai saat ini sdah terjadi keributan dan proses pemilihan sementara di stopkan, untuk itu kami minta dengan hormat agar panitianya di bubarkan dan pilih panitia baru dan pemilihan kepala kampung ayapo dilaksankan setelah kegiatan FDS selesai,” tandasnya.

Sementara itu Bupati Jayapura Matius Awoitau yang di konfirmasihkan terkait peristiwa ini mengaku kalau dirinya belum menerima laporan tersebut. (Engel Wally)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  DPRD Kab Jayapura  Sesalkan Pemilihan Kepala Kampung, Berakhir Ricuh