Legislator di Papua Dinilai Tak Maksimal Menjalankan Fungsi Kontrol

share on:
Diaz Gwijangge - Jubi/Doc
Diaz Gwijangge – Jubi/Doc

Jayapura, Jubi – Kinerja para anggota dewan di Papua disoroti salah satu politisi Papua, Diaz Gwijangge. Ia menilai ada legislator di Papua tak maksimal menjalankan tugas dan fungsinya.

“Saya menilai fungsi kontrol DPR Papua serta DPRD kabupaten/kota di Papua, terhadap pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota belum berjalan baik. Akibatnya, banyak program pemerintah di daerah yang tak berjalan maksimal,” kata Diaz Gwijangge, Selasa (16/6/2015).

“Bahkan ada beberapa anggota legislatif terkesan hanya mengurus proyek atau pun urusan pribadi,” ucapnya lagi.

Katanya, akibat lemahnya kontrol dan pengawasan para legislator di Papua, berbagi program pemerintah diberbagai bidang, baik sosial, kesehatan, dan pendidikan terabaikan.

Ia mencontohkan beberapa program Gubernur Papua seperti Kartu Papua Sehat (KPS) dan program dibidang sosial, seolah luput dari pantauan para legislator.

“Belum termasuk program kepala daerah di kabupaten/kota. Semoga kedepan, para kepala daerah di Papua juga tak hanya mementingkan kepentingan pribadi,” imbuhnya.

Pada suatu kesempatan, anggota DPR Papua, Mathea Mamoyau mengatakan, pihaknya akan terus semaksimal mungkin mengawasi setiap kebijakan pemerintah. Katanya, sudah menjadi tugas legislatif melakukan fungsi kontrol. Mendukung kebijakan pemerintah yang pro rakyat, dan memberi masukan kepada pemerintah jika ada kebijakan yang tak menguntungkan masyarakat. (Arjuna Pademme)

 

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Legislator di Papua Dinilai Tak Maksimal Menjalankan Fungsi Kontrol