Optimalkan Pendapatan, Pemkot Jayapura Gandeng Bank Papua Terapkan Simpoda

share on:
launching Simpoda di salah satu rumah makan di Jayapura-Jubi/Sindung
launching Simpoda di salah satu rumah makan di Jayapura-Jubi/Sindung

Jayapura, Jubi – Ingin Optimalkan Penerimaan Pendapatan Asli Daerah, Pemerintah Kota Jayapura bersama Bank Papua melaunching sistem Pajak Online Daerah (E-Tax) secara resmi.

“Secara riil, untuk tahap pertama 100 Wajib Pajak dari 470-an Wajib Pajak (WP) berasal dari pajak hiburan, pajak hotel dan restoran yang bisa kita sambungkan (dalam sistem online ini) baru 95 usaha yang ada di Kota Jayapura,” ujar Fachrudin Pasolo, Kepala Dispenda Kota Jayapura disela-sela Launching Simpoda kepada Jubi Senin (15/6/2015).

Sehingga secara realtime akan kita ketahui seberapa jumlah pendapatan yang ada.

“Jadi transparansi tidak hanya milik WP akan tetapi juga pada pemerintah sehingga akuntabilitas publik bisa terjawab,” ucapnya.

Fachrudin juga mengemukakan dasar dari Simpoda ini merupakan Peraturan Walikota Jayapura Nomor 13 Tahun 2014 tentang pelaksanaan sistem Online Atas Data Transaksi Pembayaran Pajak Hotel, Pajak Restoran dan Pajak Hiburan dalan rangka pengawasan Pembayaran Pajak Daerah.

“Kita akan sosialisasikan terus. Sekitar bulan Juli akan kita berikan pemahaman dan operasionalnya ke WP,” katanya.

Dirut Utama Bank Papua, Johan Kafiar mengatakan bahwa secara realita pihak Bank Papua terus mendukung apapun kebijakan program Pemerintah Daerah dalam kemajuan.

“Bank Papua sebagai milik Pemerintah tetap berkomitmen untuk mendukung program pemerintah tidak hanya provinsi dan Kabupaten/Kota. Kita harapkan simpoda ini dapat mendorong maju dan pembangunan lebih baik ada,” kata Kafiar.

Dengan kerjasama yang sudah ada, dengan dinas Pendapatan dengan sistem online ini antara lain Pajak Bumi Bangunan, BPHTB dan lain-lain dan ditambah dengan pajak PHRI tentunya akan menambah upaya monitoring jumlah penerimaan PAD yang ujung-ujungnya adalah peningkatan pembangunan bagi masyarakat Kota Jayapura. (Sindung Sukoco)

Editor : Dewi Wulandari
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Optimalkan Pendapatan, Pemkot Jayapura Gandeng Bank Papua Terapkan Simpoda