Lomba Perpustakaan Terbaik se Papua Akan Digelar

share on:
Kepala Badan Perpustakaan dan Arsib Daerah Papua, Annie Rumbiak Menyerahkan Piala Bagi Pemenang Lomba Perpustakaan Terbaik Tingkat Sekolah - Jubi/Alex
Kepala Badan Perpustakaan dan Arsib Daerah Papua, Annie Rumbiak Menyerahkan Piala Bagi Pemenang Lomba Perpustakaan Terbaik Tingkat Sekolah – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Setelah menggelar lomba Perpustakaan tingkat sekolah, Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Provinsi Papua akan kembali menggelar lomba pemilihan perpustakaan terbaik se Papua kategori umum. Dimana penilaian akan berlangsung minggu depan.

“Ada lima titik yang akan kami ambil di kabupaten/kota. Tetapi kami lebih fokus pada daerah pegunungan untuk perpustakaan sekolah termasuk kabupaten pemekaran,” kata Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan, Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua, Melkianus Deda, di Jayapura, Rabu (17/6/2015).

Menurut ia, selama beberapa tahun pihaknya sudah menyelenggarakan lomba perpustakaan umum terbaik di kota dan daerah daerah yang mudah terjangkau, sehingga pada tahun ini akan di fokuskan pada daerah pegunungan.
“Daerah pemekaran ini rata rata perpustakaannya baru, jadi kami ikutkan,” ucapnya.

Ia katakan, saat ini di Papua baru ada 15 kabupaten yang miliki perpustakaan. Namun dari lima titik yang ditentukan ini belum bisa dipastikan kabupaten mana yang akan ditunjuk. Sebab masih harus menunggu dengan PPTK, yang akan mencari lokasi, yang sasarannya ada di pegunungan.

“Kami condong ke perpustakaan di pegunungan, karena di pesisir sudah pernah diikutkan dalam lomba perpustakaan ini. Jadi mungkin kabupaten yang belum pernah kami jangkau, makanya kami gunakan untuk menjangkau daerah terpencil,” katanya lagi.

Untuk Tahun sebelumnya, ujar Deda, yang masuk dalam penilaian pihaknya adalah Kabupaten Sarmi, Kabupaten/kota Jayapura, Jayawijaya. dimana Wamena sebagai kabupaten terbaik. Nantinya tim akan turun ke lima titik ini dan langsung melakukan penilaian.

“Jadi sistem penilaiannya memang ada yang kami sesuaikan dengan arahan dari Perpustakaan Nasional,” jelasnya.

Ia katakan, bagi pemenang lomba tahun ini akan diikutkan dalam lomba perpustakaan terbaik tingkat nasional, yang biasanya diselenggarakan pada puncak peringatan Hut Republik Indonesia 17 Agustus nanti.

“Ini program berkelanjutan antara Agustus sampa dengan September, yang terbaik di seluruh Indonesia akan ikut di upacara detik detik proklamasi. Satu terbaik akan ikut upacara di Jakarta,” katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Provinsi Papua, Annie Rumbiak mengatakan lomba perpustakaan umum tingkat Papua dilakukan agar ada perhatian dari Kepala wilayah Perpustakaan untuk bagaimana memperhatikan perpustakaannya.

“Selain itu juga untuk menumbuhkan minat baca di kalangan anak anak,” kata Annie Rumbiak. (Alexander Loen)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Lomba Perpustakaan Terbaik se Papua Akan Digelar