Sektor Pertanian Duduki Peringkat Atas Lapangan Kerja

share on:

Jayapura, Jubi/Antara – Dinas Tenaga Kerja dan Kependudukan (Disnakerduk) Provinsi Papua mengklaim sektor pertanian masih menduduki peringkat atas untuk peluang lapangan kerja di wilayahnya.

Kepala Bidang Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja pada Disnakerduk Provinsi Papua, Rano, di Jayapura, Kamis (18/6/2015), mengatakan pihaknya membagi jenis pekerjaan dalam dua bidang yaitu formal seperti Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan informal seperti sektor pertanian.

“Kebanyakan masyarakat di Papua yang sudah lulus sarjana lebih memilih ingin menjadi PNS ketimbang mencari pekerjaan yang lain,” katanya.

Rano menjelaskan bagi masyarakat, pekerjaan yang ideal adalah menjadi PNS. Padahal masih banyak sektor pekerjaan lain yang lebih menjanjikan.

“Seperti sektor pertanian, di Papua masih banyak peluang jika masyarakat mau mengembangkannya karena lahan pertanian dan perkebunan sangat menjanjikan,” ucapnya.

Dia menuturkan sektor pertanian ini terdiri atas pertanian itu sendiri dan perkebunan hingga kehutanan. Jika bidang-bidang ini dikembangkan, maka dapat menciptakan lapangan kerja berpotensi.

“Misalnya di Koya, bisa dikembangkan dalam bidang pertanian sedangkan di Kabupaten Jayapura bisa diolah dalam bidang perkebunan kakao,” katanya.

Dia menambahkan sebenarnya untuk di Provinsi Papua terbuka luas peluang dan lapangan kerja sehingga jika 90 ribu lebih pencari kerja tersebut mau berusaha, pasti mendapatkan pekerjaan.

Sebelumnya, Disnakerduk Provinsi Papua mencatat jumlah pencari kerja di Provinsi Papua per Juni 2015 mencapai 90.091 orang. (*)

Editor : Dewi Wulandari
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Sektor Pertanian Duduki Peringkat Atas Lapangan Kerja