Tradisi ‘Patang Balimau’ Berimbas pada Perekonomian

share on:

Sarilamak, Jubi/Antara – Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Barat (Sumbar), Muslim Kasim, mengatakan kegiatan ‘Patang Balimau’ atau tradisi mandi menyambut bulan Ramadhan di Pangkalan, Kabupaten Limapuluh Kota, akan memberikan dampak kepada perekonomian masyarakat sekitar.

“Selain sebagai hiburan, para pedagang banyak yang diuntungkan dengan adanya kegiatan ini,” katanya, di Padang, Kamis (18/6/2015).

Dia mengapresiasi pemerintah dan masyarakat setempat yang untuk terus melestarikan kebudayaan penyambutan Ramadhan tersebut.

Ke depannya agar tradisi tersebut akan dijadikan kalender pariwisata tingkat provinsi sehingga hiburan permainan anak nagari (desa adat) sehingga lebih banyak orang yang mengetahuinya, ujarnya.

Selain aspek ekonomi kegiatan tersebut juga akan meningkat rasa sosial antar sesama masyarakat, baik bagi mereka yang berdomisili di kampung maupun di rantau.

Dia menilaia kagiatan ‘Patang Balimau tidak ada yang bermuara kepada hal-hal yang negatif, untuk itu tradisi tersebut perlu dipertahankan.

Salah seorang Warga Pangkalan, Ansor, menyarankan agar membenahi fasilitas yang ada di sekitar lokasi pelaksanaan tradisi ‘Patang Balimau’ itu.

Ia menyebutkan perlu tempat untuk para pengunjung untuk menyaksikan kegiatan tersebut dan parkir kendaraan sehingga tidak menyebabkan macet di jalan lintas Sumbar-Riau.

Sementar itu, Ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota Sumatera Barat (Sumbar), Safaruddin, menyarankan pemerintah setempat untuk mengemas kegiatan ‘Patang Balimau’ sebaik mungkin.

“Ke depannya bagaimana pemerintah daerah dan masyarakat setempat agar menyusun kegiatan ini sedemikian rapi,” katanya di Nagari (desa adat) Pangkalan, Kecamatan Pangkalan Koto Baru, Kamis (18/6).

Ia mengatakan, jika kegiatan tersebut dikemas dengan baik maka acaranya tidak terfokus pada satu hari saja sehingga hiburan “anak nagari” itu lebih semarak.

Menurutnya, beberapa perlombaan yang digelar dalam kegiatan tersebut dapat diselenggarakan beberapa hari sebelum balimau.

Balimau adalah sebuah kebiasaan mandi menjelang bulan Ramadhan di Sumatera Barat, dengan tujuan menyucikan diri menyambut puasa. (*)

Editor : Dewi Wulandari
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Tradisi ‘Patang Balimau’ Berimbas pada Perekonomian