Dalam Waktu Dekat Pemprov Papua Serahkan LKPJ ke DPRP

share on:
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Papua, Muhammad Musa'ad - Jubi/Alex
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Papua, Muhammad Musa’ad – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Dalam waktu dekat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua akan menyerahkan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) keuangan, penepatan APBD- Perubanan, KUA/KPPAS ke DPR Papua dan penetapan APBD induk tahun 2016.

“Dalam waktu dekat kita akan serahkan LKPJ kepada dewan untuk segera dibahas, sebab salah satu persyaratan penyerahan LKPJ kepada dewan terlebih dahulu harus di audit oleh BPK RI,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Papua, Muhammad Musa’ad, di Jayapura, Senin (22/6/2015).

Setelah pembahasan LKPJ Papua 2014, ujar Musa’ad, selanjutnya akan dilakukan pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) perubahan. Bersamaan dengan itu APBD induk 2016 juga akan diusulkan bersamaan dengan KUA/PPAD.

“Saya bisa jamin penetapan APBD induk tidak akan melewati batas waktu, sesuai peraturan perundang-undangan. Jadi APBD induk paling lambat ditetapkan di November,” kata Musa’ad.

Ia menjelaskan, penetapan APBD induk 2016 bertujuan agar supaya proses administrasi perencanaan dan penganggaraan serta pelaksanaan program dapat dilakukan secepatnya, sehingga daya serap Papua dapat lebih tinggi dan lebih bagus dengan waktu yang cukup luang.

“Dengan waktu yang terbatas, kualitas daya serap tidak bagus. Kita bekerja dengan waktu yang terbatas, sehingga hasilnya tidak maksimal,” ucapnya.

Menanggapi itu, dirinya berharap penetapan APBD induk 2016 bisa seperti tahun lalu (Oktober) atau tidak akan sampai ke tahun depan.

“Harus konsisten sebagai pertanggungjawaban ke publik, apa yang telah dicapai harus dipertahankan. Hal tersebut sesuai dengan arahan Gubernur, sebelumnya kita terkendala karena belum ada,” tambahnya.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Papua, Hery Dosinaen mengatakan Pemprov Papua optimistis APBD Perubahan Tahun 2015 akan disahkan oleh pihak DPR Papua pada Juni.

Untuk mempersiapkan semuanya, Pemprov sedang berkoordinasi dengan DPRP soal penjadwalan yang akan dikeluarkan oleh dewan. “Intinya kami ingin pada bulan ini, sudah harus disahkan untuk APBD Perubahan tahun 2015,” kata Hery Dosinaen. (Alexander Loen)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Dalam Waktu Dekat Pemprov Papua Serahkan LKPJ ke DPRP