Dinas Peternakan Bentuk Tim Sidak Ternak jelang Ramadhan

share on:

Jayapura, Jubi/Antara – Dinas Peternakan Provinsi Papua membentuk tim untuk melakukan inspeksi mendadak di beberapa tempat penjualan daging di Jayapura menjelang Lebaran 2015.

Kepala Seksi Zoonosis dan Kesejahteraan Hewan Dinas Peternakan Provinsi Papua, Rafael Heri Nugroho, di Jayapura, Senin (22/6/2016), mengatakan pihaknya membentuk tim untuk mengadakan inspeksi mendadak (sidak) ke beberapa tempat pemotongan hewan juga beberapa pasar tradisional di Jayapura jelang Idul Fitri 1436 Hijriah.

“Nanti sebelum hari-H, kami akan sidak dan melakukan pengecekan langsung ke lapangan. Kami juga akan mengundang teman-teman dari Satpol PP untuk bersama kami melakukan inspeksi,” katanya.

Sidak itu, kata Rafael, dilakukan agar hewan yang dipotong pada Lebaran benar-benar aman, sehat, dan halal untuk dikonsumsi masyarakat.

“Kami berharap dalam rangka sidak ini benar-benar sapi yang dipotong itu sehat, aman, utuh, dan halal untuk dikonsumsi masyarakat Jayapura, terutama bagi umat Islam,” katanya.

Para pedagang harus memotong ternak sapi yang layak potong. Artinya, sebelum dipotong harus dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu oleh dokter hewan, apakah itu layak dipotong atau tidak.

“Kalau hewan itu sehat, setelah diperiksa oleh pihak kami, akan direkomendasikan untuk dipotong,” katanya.

Pihaknya terus berupaya para peternak hewan maupun pedagang daging membawa hewan mereka ke tempat pemotongan hewan agar pihaknya dapat memeriksa dan menyatakan bahwa hewan tersebut layak dan sehat untuk dikonsumsi.

“Jadi, kami membentuk tim sendiri, masing-masing ada perwakilan kami yang bisa turun ke lokasi-lokasi yang biasanya menjadi tempat penampungan hewan untuk dapat memeriksa langsung hewan tersebut aman dikonsumsi,” katanya. (*)

Editor : Dewi Wulandari
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Dinas Peternakan Bentuk Tim Sidak Ternak jelang Ramadhan