Pejabat Merauke Tak Pernah Datang di Kampung Wanggambi

share on:
pejabat
Kepala Kampung Wanggambi, Anakletus Samkakai. Jubi/Frans L Kobun

Merauke, Jubi – Kehidupan masyarakat di Kampung Wanggambi, Distrik Tabonji dengan jumlah 55 kepala keluarga (KK) yang adalah orang asli Papua, dari tahun ke tahun, tidak pernah mendapat kunjungan dari pejabat Merauke. Dengan demikian, kehidupan masyarakat maupun kegiatan pembangunan tidak berjalan sama sekali.

Kepala Kampung Wanggambi, Anakletus Samkakai kepada Jubi Senin (22/6) mengungkapkan, pada tahun 2011 silam, ada dana Gerakan Pembangunan Kampungku (Gerbangku) yang diturunkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merauke. Hanya saja, setelah itu, dananya tidak diturunkan lagi.

“Saya juga tidak tahu alasan apa sehingga dana tidak diturunkan. Apalagi saat itu, saya belum menjabat sebagai kepala kampung. Memang untuk menjangkau kampung tersebut, sangat sulit. Karena hanya perahu ukuran kecil bisa masuk kesana,” ujarnya.

Diakui jika ‘sentuhan’ pejabat dan kegiatan pembangunan di kampung tersebut tidak dilakukan, kehidupan masyarakat stagnan atau berjalan di tempat. “Ya, kondisi kehidupan warga disana seperti demikian,” katanya.

Dikatakan, setelah terpilih menjadi kepala kampung dan dilantik beberapa hari lalu oleh Bupati Merauke, Romanus Mbaraka, ia berkomitmen membangun koperasi di kampung itu. Sehingga masyarakat tidak kesulitan mendapatkan bahan makanan.

Selama ini, jelas dia, untuk mendapatkan kebutuhan sembako seperti beras maupun lain-lain, warga harus mendayung perahu secara manual ke Distrik Kimaam yang memakan waktu satu hari perjalanan.

Bupati Merauke, Romanus Mbaraka beberapa waktu lalu mengakui jika topografi wilayah ke kampung tersebut sangat sulit dijangkau. Sehingga kegiatan pembanguan-pun tak berjalan maksimal. “Saya mengambil langkah dengan memberikan dana setiap kepala keluarga sebesar Rp 20 juta untuk bisa diatur sendiri,” tuturnya. (Frans L Kobun)

 

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pejabat Merauke Tak Pernah Datang di Kampung Wanggambi