Pemprov Bakal Miliki Gedung Forum Data Papua

share on:
Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Papua, Muh Musa'ad - Jubi/Alex
Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Papua, Muh Musa’ad – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Pemerintah Provinsi Papua dalam waktu dekat bakal miliki gedung forum data dan sistem informasi manajemen tata ruang (SIMTARU). Dimana peresmian gedung ini akan dilakukan langsung oleh Gubernur Papua, Lukas Enembe pada Juli 2015.

“Lokasinya berada tepat di samping Kantor Bappeda dan sudah selesai dibangun, tinggal tahap penyelesaian atau dirapikan,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Papua, Muhammad Musa’ad, di Jayapura, Senin (22/6/2015).

Ia menjelaskan, gedung forum data yang dibangun dua lantai ini masing-masing ruang akan diberikan nama sesuai dengan wilayah adat di Provinsi Papua. yakni Animha, Mamta, Saireri, Meepago dan Lapago.

“Dengan adanya gedung forum data, masyarakat Papua yang ingin mengetahui soal data pembangunan di Papua bisa langsung kunjungi gedung tersebut, karena semua data telah disiapkan,” ucapnya.

Sementara soal program SIMTARU, menurut Musa’ad, program ini kerjasama dengan Pemerintah Inggris yang telah berjalan selama beberapa tahun terakhir.

Dimana, pemerintah Inggris menyiapkan aplikasi dan pendamping, sementara perangkat disiapkan oleh Bappeda Papua. “Kerja sama dengan Inggris sebenarnya sudah selesai, tetapi diperpanjang selama enam bulan lagi,” kata Musa’ad.

Sebelumnya, Gubernur Papua, Lukas Enembe menginginkan Provinsi Papua memiliki satu data valid yang dapat digunakan untuk pembangunan Papua. Pasalnya selama ini masih ada perbedaan antara data dari Badan Pusat Statistik (BPS) dengan data yang diterbitkan SKPD. (Alexander Loen)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pemprov Bakal Miliki Gedung Forum Data Papua