BUP Kirim Ribuan Buku ke Papua

share on:
Dayu Rifanto (Kiri), pendiri dan penggas Buku Untuk Papua. Jubi/Dok
Dayu Rifanto (Kiri), pendiri dan penggas Buku Untuk Papua. Jubi/Dok

Jogjakarta, Jubi – Komunitas Buku Untuk Papua (BUP) telah mengirim ribuan buku ke beberapa rumah baca yang berada di beberapa kota di Papua dan Papua Barat sejak berdirinya BUP, April 2012.

“Kami mulai kirim buku ke Papua pada Desember 2012. Itu diawali dengan kiriman buku ke Nabire, kepada Longginus Pekey. Dia yang membuat saya terinspirasi bikin BUP,” ungkap Dayu Rifanto, pendiri dan penggagas BUP kepada Jubi, Selasa (22/6/2015) di Jojgakarta.

Dayu mengatakan, sejak dirinya menggagas BUP, banyak orang yang terus memberikan kontribusi untuk sumbangkan buku untuk dikirim ke Papua. Harapannya, bantuan buku yang dikirim BUP ke rumah baca di Papua bisa menjadi media belajar luar sekolah untuk semua orang di Papua.

“Sa pikir kalau buku-buku sudah lebih dari 50 ribuan buku, baik yang kami kirim maupun yang dikirim oleh donatur yang melihat jejaring BUP kirim langsung ke Papua,” katanya.

Harapannya rumah baca (Ruba) yang ada di Papua juga saling berjejaring saling bantu, sehingga ada banyak ruba saling bantu dan berdiri di Papua

Sementara itu, salah satu relawan BUP, Lisa Duwiry kepada Jubi menceritakan pengalamannya bersama BUP. “Tiap kali kirim biasa beda, kadang hanya titip satu karton saja kalau ada yang pulang libur, kadang bisa kirim beberapa karton sekaligus pakai ekspedisi. Total kurang lebih sudah di angka belasan ribu, karena seperti Book of Hope satu kali kirim bs ribuan eksemplar,” jelasnya.

Lisa Duwiry berharap, anak-anak di Papua mempunyai akses yang sama terhadap buku buku berkualitas, seperti anak-anak di Jawa. Juga untuk menekan angka buta huruf di Papua yang tertinggi.

“Ketika anak dikenalkan untuk mencintai buku dan membaca sejak dini, saya percaya ia akan tumbuh haus ilmu pengetahuan dan selalu ingin belajar. Ini baik karena ia dipersiapkan dan mempersiapkan diri untuk bisa bersaing nantinya,” ujarnya.

Dikatakan, bukan cuma sekedar bagi buku kemudian selesai. Tetapi harapannya dari interaksi pendamping dan anak-anak di rumah baca bisa saling belajar satu sama lain. Relawan di pulau Jawa dan di Papua bisa terus berjejaring yang tentu saja ini akan memperluas akses dan kesempatan yang lebih baik ke depannya.

Untuk diketahui, relawan BUP di Jawa tesebar di beberapa kota, antara lain, BUP Malang, Jogja, Jakarta dan Bandung. Sementara untuk rumah baca di Papua dan Papua Barat ada di Sorong, Merauke, Biak, Jayapura, Timika, Wamena dan Paniai. (Arnold Belau)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  BUP Kirim Ribuan Buku ke Papua