Semua Orang Diminta Awasi PPD dan PPS

share on:
pilkada
Ketua KPU Merauke, Anton kaize sedang berikan penjelasan. Jubi/Frans L Kobun

Merauke, Jubi – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Merauke, Antonius Kaize meminta kepada semua orang agar ikut melakukan pengawasan terhadap panitia pemilihan distrik (PPD) dan panitia pemungutan suara (PPS), termasuk petugas pemutakhiran data agar mereka tidak curang dalam menjalankan tugasnya.

Hal itu disampaikan Anton kepada Jubi Selasa (23/6). Dikatakan, panitia yang diberikan tugas dan tangungjawab untuk menjalankan tugas tersebut, agar diawasi. Sehingga mereka bekerja dengan baik hingga pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Merauke pada 9 Desember 2015 mendatang, dapat berjalan dengan baik.

Para penyelenggara pemilu, demikian Anton, harus bekerja sesuai aturan yang diamanatkan. Tidak karena perasaan suka dan tak suka. Jika ditemukan ada yang bermain, akan ditindak tegas.

Ditegaskan, KPU hanya bekerja sebagai eksekutor regulator. Bukan sebagai pembuat kebijakan. Jadi, kalau ada hal-hal yang berkaitan dengan permintaan agar putra daerah diakomodir untuk maju dalam pencalonan, sebaiknya disampaikan secara langsung kepada lembaga Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Merauke.

Dewan, lanjut dia, mempunyai kewenangan untuk memperjuangkan berbagai aspirasi yang disampaikan. “Kami di KPU hanya sebagai eksekutor untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab yang diberikan,” tuturnya.

Dia mengharapkan, semua lapisan masyarakat secara bersama-sama untuk ikut mengawasi semua pentahapan berkaitan dengan pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Merauke pada Desember mendatang.

Calon Bupati Merauke, Paschalis Imadawa dalam aksi demonstrasi Senin (22/6) meminta kepada KPU agar bersikap netral dan independen dalam menjalankan tugas. Tidak boleh ada kepentingan tertentu untuk menjagokan kandidat tertentu. (Frans L Kobun)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Semua Orang Diminta Awasi PPD dan PPS