ADK Kenapa Dipangkas

share on:
Origenes Kaway (Kepala Kampung Bambar) - Jubi / Engel Wally
Origenes Kaway (Kepala Kampung Bambar) – Jubi / Engel Wally

Sentani, Jubi – Kepala Kampung Bambar Distrik Waibhu Kabupaten Jayapura Papua yang juga sebagai Legislator pada Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP), menilai Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Jayapura untuk mensejahterakan masyarakatnya tidak sesuai dengan kenyataan yang diharapkan.

Hal ini berimbas dari Surat Keputusan Bupati yang diturunkan kepada Pemerintahan Kampung untuk memotong dana Alokasi Dana Kampung (ADK) yang diperuntukan membayar gaji Aparat Kampung.

“ Sangat disayangkan kebijakan yang diambil oleh Bupati dan Wakil Bupati Jayapura untuk memotong Adk yang diperuntukan membayar gaji aparat kampung,” kesal Origenes Kaway Kepala Kampung Bambar di Sentani, Rabu (24/6/2015).

Kata dia, ADK yang awal mulanya diluncurkan oleh Pemimpin sebelumnya masih lebih baik, hal ini dibuktikan dengan pembangunan fasilitas dan prasarana di Kampung berjalan dengan baik walaupun jumlah dana yang diterima tidak sebesar saat ini.

“ Lima tahun lalu dana yang kita terima hanya 100 juta saja tetapi dengan dana yang sedikit itu pembangunan di kampung berjalan dengan baik, sekarang dengan dana 300 – 500 juta tahap pertama yang diterima dikampung, misalnya kampung doyo baru dan kampung bambar dari 150 juta setelah dibagi – bagi yang meliputi gaji aparat kampung malah tersisah hanya 5-10 juta, dana ini mau digunakan untuk bangun apa?, ini bukan maju namanya malah kita mundur jauh kebelakang, lalu bagaimana dengan visi dan misi Pemerintah ini untuk mensejahterakan rakyatnya,” kata Kaway.

 

Kaway juga mengakui kalau ADK sebesar itu tidak tersalur dengan baik sampai di masyarakat di karenakan program tersebut bukan milik pimpinan saat ini, program ini hanya dilanjutkan.

“ Harus diakui bahwa pemimpin sebelumnya yang telah memikirkan bagaimana program ini diterapkan ditengah masyarakat, dan sukses untuk dijalankan, maka sangat disesalkan visi misi yang dijalankan saat ini akan jadi sebuah slogan belaka ditengah masyarakat,” tuturnya.

 

Sementara Bupati Jayapura Matius Awoitau disetiap kesempatan dan acara selalu menekankan kepada Aparat Pemerintahan di Kampung masing – masing diwilayah yang dipimpinya ini agar senantiasa memanfaatkan ADK dengan sebaik – baik mungkin sehinggga dampaknya dirasakan oleh masyarakat. (Engel Wally)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  ADK Kenapa Dipangkas