PPDB Online Tingkat SMP Dimulai Jumat Ini

share on:
I Wayan Mudiyasa, Kepala Dinas Pendidikan Kota Jayapura - Jubi/Munir
I Wayan Mudiyasa, Kepala Dinas Pendidikan Kota Jayapura – Jubi/Munir

Jayapura, Jubi – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), dilaksanakan serentak, Jumat (26/6/2015).  Hal tersebut dikatakan I Wayan Mudiyasa, Kepala Dinas Pendidikan Kota Jayapura.

“Rencananya pendaftaran kita mulai kemarin, Kamis (25/6/2015). Namun karena Bimbingan Teknis (Bimtek) yang diberikan oleh teman-teman dari pusat, terhadap operator dimasing-masing sekolah untuk membantu siswa melakukan pendaftaran online baru selesai, Kamis (25/6/2015). Oleh karena itu, kita akan mulai buka PPDB online tingkat SMP secara serentak hari ini, Jumat (26/6/2015),” kata I Wayan Mudiyasa kepada Jubi, Kamis (25/6/2015).

Ia mengharapkan kepada semua masyarakat yang mempunyai putra/i yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang SMP agar tetap tenang dan jangan panik, dalam menghadapi PPDB online.

“Kami buat dua model pendaftaran, model pertama bagi anak-anak yang punya fasilitas seperti komputer dan gadget lainnya, dan sudah memahami teknis proses pendaftaran, bisa mengakses di rumah, di warnet tanpa harus ke sekolah yang diinginkan,” katanya.

“Model yang kedua, para anak-anak ini bisa langsung datang ke sekolah yang diinginkan, nanti difasilitasi oleh sekolah. Nanti disana akan ada operator yang bertugas membimbing anak-anak ini dalam proses pengisian data dalam aplikasi PPDB online,” sambungnya.

Lanjut dia, jumlah sekolah yang menerapkan PPDB online berjumlah 35 dari 44 sekolah tingkat SMP yang ada di Kota Jayapura.

“Kita mengambil langkah untuk daerah Skouw hanya beberapa sekolah yang jaringan lumayan untuk menerapkan PPDB online. Sedangkan sekolah-sekolah yang diperbatasan karena akses internet yang kurang baik, mereka terpaksa melakukan PPDB secara manual,” katanya.

Sebelumnya, Rita, salah seorang wali murid pendaftar PPDB online tingkat SMA/SMK yang juga warga Kelurahan Entrop, mengeluhkan PPDB online yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kota Jayapura. Menurutnya PPDB online tidak ada bedanya dengan PPDB manual.

“Sama saja kita mesti ke sekolah, karena kurangnya pegetahuan kami tentang PPDB online. Ini karena kurangnya sosialisasi dari Dinas Pendidikan kepada masyarakat, dalam hal ini orang tua murid,” katanya. (Munir)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  PPDB Online Tingkat SMP Dimulai Jumat Ini