Penembakan di Dogiyai, Satu Orang Tewas dan Tujuh Orang luka-luka

share on:
Korban Penembakan (Jubi/dok)
Korban Penembakan, Yoseni Agapa (Jubi/dok)

Jayapura, Jubi – Satu orang tewas dan tujuh orang luka luka saat beberapa orang berpakaian premena dan bersenjata melakukan penembakan terhadap delapan warga sipil di Ugapuga, Kamu. Timur, Kabupaten Dogiyai, Papua pada Kamis, 25 Juni 2015 pukul 10:00.

Korban tewas nama Yoseni Agapa (15), dan korban luka-luka Melianus Mote (16), Podepai Agapa (14), Yulius Agapa (17), Yunias Agapa (16), Feri Goo (15), Neles Douw dan Menki Agapa.

Menurut keterangan Ketua Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Wilayah Dogiyai, David Pigai, peristiwa penembakan terjadi bermula dari palangmemalang jalan.

“Awalnya mereka (korban) pulang sekolah melewati jalan Trans tiba-tiba mobil lewat tujuan Nabire –Enarotali menabrak anjing. Mereka (korban) hendak memalang kendaraam yang menabrak dan meminta pertanggungjawaban, namun tiba-tiba dari dalam kendaraan keluar orang berpakaian preman, dan langsung menembak mereka,” katanya.

Korban atas nama Yoseni Agapa (15) tertembus peluru pada dada sehingga tewas di tempat, sedangkan Yulius Mote (16) mengalami luka robek dengan pisau pada tangan kirin, sedangkan korban luka-luka lainnya belum diidentifikasi luka-lukanya.

Aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) wulayah Meepago, Yones Douw saat dikonfirmasi membenarkan kejadian itu. Menurutnya kejadian itu berawal dari aksi palang mobil dari Nabire menuju Dogiyai. “Ada sekitar delapan pemuda palang jalan jam 8 malam. Mereka minta uang 50 ribu hingga 100 ribu,” katanya.

Kata Douw, para pengendara yang merasa dirugikan melaporkan kepada aparat, dan selanjutnya aparat yang berpakaian preman mengunakan senjata dengan mobil avansa hitam datang. “Kita belum bisa pastikan yang menembak itu polisi atau TNI,” katanya. (Mawel Benny)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Penembakan di Dogiyai, Satu Orang Tewas dan Tujuh Orang luka-luka