Menjadi Pengedar Narkoba, Anggota TNI AU DiPecat

share on:

Jakarta, Jubi/Antara – TNI Angkatan Udara (AU) memecat secara tidak hormat anggota Skadron II Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kopral Dua (Kopda) TNI Agung Hari Panili, karena terbukti menjadi pengedar narkoba.

Upacara pemecatan dipimpin langsung Komandan Lanud Halim Perdanakusuma, Marsekal Pertama Umar Sugeng Hariyono, di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (29/6/2015).

Dalam upacara pemecatan, dilakukan pencopotan seragam dan baret sebagai simbolik lepas dari kedinasan.

Danlanud Halim Perdanakusuma, mengatakan pemecatan ini berdasarkan putusan yang sudah punya kekuatan hukum tetap atau inkrah dari peradilan Mahkamah Militer terhadap Agung.

“Dari hukumnya sudah selesai semua. Kemudian Kepala Staf TNI AU mengeluarkan keputusan pemecatan ini. Kemudian kita acarakan upacara seperti ini supaya jadi pelajaran bagi semuanya,” kata Sugeng.

Menurutnya, Agung kurang lebih sudah lima tahun terlibat narkoba. Awalnya, Agung hanya sebatas pemakai, lama-kelamaan beralih menjadi pengedar.

“Narkobanya jenis sabu. Awalnya pengguna. Biasalah kemudian jadi pengedar,” kata Sugeng.

Menurut Sugeng, saat awal terjerat narkoba, Agung sudah desersi atau kabur dari tugas kedinasan hingga akhirnya dicari dan proses hukumnya berjalan.

Sugeng tak membantah kehidupan sekitar sangat mempengaruhi pola tingkah laku setiap orang, tak terkecuali anggota TNI. Padahal, rambu-rambu dalam TNI sudah begitu ketat, termasuk pengawasan-pengawasan yang dilakukan.

“Rambu-rambunya sudah jelas, ada sumpah prajurit, Sapta Marga, 8 wajib TNI. Tapi kehidupan di Jakarta, peluang-peluang seperti itu banyak sekali. Sehingga tidak kuat imannya, akhirnya kena. Bukan hanya di Jakarta sih ya,” kata Sugeng.

Adapun, putusan inkrah terhadap Agung dari peradilan militer sudah keluar sejak Maret 2015. Namun begitu, Sugeng tidak menjelaskan secara rinci kasus yang menjerat pembantu teknisi di skadron yang kini mengarmadai pesawat jenis CN tersebut. (*)

Editor : Dewi Wulandari
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Menjadi Pengedar Narkoba, Anggota TNI AU DiPecat