Sekolah Favorit Biak “Diserbu” Calon Siswa Baru

share on:

Biak, Jubi/Antara – Sejumlah sekolah favorit jenjang SD, SMP, dan SMA di Kabupaten Biak Numfor, Papua, sejak Senin pagi “diserbu” calon siswa baru untuk mendaftarkan diri.

Berdasarkan pantauan, sejak pukul 07.00 WIB para siswa memadati halaman sekolah untuk mendaftar dalam penerimaan murid baru, di antaranya di SD Negeri 1, SD Yapis, SD YPPK, SMP Negeri 1, SMP Negeri 3, serta SMA Negeri 1.

Pendaftaran siswa baru di daerah setempat, secara serentak mulai 29 Juni 2015.

Para calon siswa baru yang akan mendaftar di SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 3 masih menggunakan pakaian seragam SD, sedangkan calon siswa yang mendaftar di SMA masih menggunakan seragam SMP.

Salah satu orang tua calon siswa baru, Musaisa, mengakui harus mengantar anaknya untuk mendaftar di SMA Negeri 1 Biak Kota dengan membawa berbagai persyaratan.

“Senin pagi saya harus mencari meterai Rp6.000 untuk syarat mendaftar. Ya sebelumnya tidak ada informasi harus menyiapkan meterai,” katanya.

Ia berharap, anaknya lulusan SMP Negeri 3 Biak Kota dapat diterima sebagai siswa baru di SMA Negeri 1.

Pada kesempatan sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Biak Numfor Lot L. Yensenem menginstruksikan setiap kepala sekolah untuk menerima siswa baru sesuai kuota yang diberikan.

Jatah siswa baru itu, katanya, sesuai dengan jumlah kelas di sekolah setempat.

Kuota siswa baru di setiap SD, SMP, dan SMA/SMK bervariasi, disesuaikan dengan ketersediaan ruangan kelas.

Persentase kuota siswa baru dari kalangan putra daerah asli Papua lebih besar dibandingkan dengan non-Papua dengan perbandingan 60 persen untuk putra daerah serta 40 persen non-Papua.

Hingga pukul 07.20 WIB, sejumlah sekolah jenjang pendidikan SD, SMP, SMA, serta SMK sudah serentak membuka pendaftaran siswa baru, 29 Juni 2015.(*)

Editor :
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Sekolah Favorit Biak “Diserbu” Calon Siswa Baru