BBPOM Perketat Pengawasan Produk Makanan di Wamena

share on:
Imelda Gunawan, kepala PLH. Kepala BBPOM Jayapura
Imelda Gunawan, kepala PLH. Kepala BBPOM Jayapura – Jubi/Munir

Jayapura, Jubi – Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Jayapura menyatakan, memperketat pengawasan dan pemeriksaan makanan di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua.

Kepala Bidang Pemeriksaan dan Penyidikan BBPOM Jayapura, Tikurara Bumbungan mengatakan, tak hanya memperketat dan memeriksa makanan yang ada di Wamena, tapi juga yang akan dikirim ke Kabupaten Nduga.

Katanya, Pengawasan dilakukan sampai ke daerah atau kabupaten/kota di Papua, namun Kabupaten Nduga sama sekali belum tersentuh. Kami belum pernah sampai ke sana. BBPOM Jayapura memperketat pengawasan di Wamena karena daerah itu merupakan pintu masuk pangan ke Nduga.

“Kami bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan Disperindagkop setempat untuk melakukan pemeriksaan,” kata Tikurara Bumbungan di Kantor BBPOM Kotaraja, Rabu (1/7/2015).

Meski begitu, ia memastikan pangan yang beredar di daerah itu aman, sebab BBPOM Jayapura sudah melakukan pengawasan di pintu masuk  ke Nduga yakni di Wamena.

“Walau kami tidak pernah ke Nduga, tapi Nduga itu kami tahu bahan pangannya dari Wamena. Nah di Wamena ini yang kami proteksi, kami awasi lebih ketat. Kalau di Wamena kami sudah meminimalkan pelanggaran atau makanan yang rusak. Mudahan – mudahan di Nduga dan kabupaten sekitarnya itu aman. Asal pelaku usahanya tidak nakal,” ucapnya.

Dikatakan, dalam melakukan pengawasa, jika BBPOM menemukan pangan berbahaya untuk masyarakat, misalnya sudah memasuki waktu kadaluarsa, tidak memiliki ijin dan mengandung bahan berbahaya lainnya, akan langsung dimusnahkan.

Di tempat yang sama, Kepala Pelaksana Tugas Harian (PLH) Kepala BBPOM Jayapura, Imelda Gunawan menghimbau konsumen lebih jeli membeli produk kebutuhan sehar-hari.

“Pada kemasan itukan sudah tertera tanggal kadaluarsa. Kemudian nomor ijin dari BPOM. Jadi kami harap, para konsumen lebih jeli melihat hal itu,” kata Imelda Gunawan di Kantor BBPOM. (Munir)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  BBPOM Perketat Pengawasan Produk Makanan di Wamena