Dinkes Papua Siap Integrasikan KPS-JKN di 2016

share on:
Aloysius Giyai, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua – Jubi/Dok
Aloysius Giyai, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua – Jubi/Dok

Jayapura, Jubi – Dinas Kesehatan Provinsi Papua siap bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Divisi Regional XII Papua-Papua Barat untuk mengintegrasikan Kartu Papua sehat (KPS) dan Kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di seluruh Provinsi Papua pada 2016.

Aloysius Giyai, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, mengatakan setelah pihaknya dan mitra kerjanya belajar dari sistem integrasi dan pelayanan Jaminan Kesehatan Rakyat Aceh (JKRA) dan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Provinsi Naggroe Aceh Darussalam, tahun 2016 pihaknya siap bekerjasama dengan BPJS Kesehatan Divisi Regional XII Papua-Papua Barat untuk mengintegrasikan KPS dan JKN di seluruh Provinsi Papua.

“Selama dua hari kita melakukan studi banding di sana, kita berdialog intens dengan Dinas Kesehatan Provinsi Aceh, rumah sakit rujukan utama dr. Zainoel Abidin Banda Aceh, dan beberapa Puskesmas,” kata Aloysius Giyai di Jayapura, Rabu (1/7/2015).

“Tujuan kita kesana, mempelajari kiat-kiat sukses mereka dalam mengintegrasikan JKRA dengan JKN untuk bisa diterapkan dalam integrasi KPS dan JKN tahun depan,” ujarnya.

Sementara itu, BPJS Kesehatan Divisi Regional XII Papua-Papua Barat mendukung integrasi antara KPS dengan JKN pada 2016 nanti.

Hidayat Simantapura, Kepala BPJS Regional XII Papua-Papua Barat, mengatakan pada prinsipnya pihak BPJS Papua sangat mendukung langkah Dinas Kesehatan Provinsi Papua, untuk mengintegrasikan KPS dengan JKN pada 2016 nanti.

“Pemerintah Pusat memang telah memberikan tenggat waktu hanya tiga tahun kepada setiap Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) termasuk KPS untuk menyatu dengan BPJS Kesehatan, sejak badan ini mulai menjalankan fungsinya pada 1 Januari 2014,” kata Simantapura di Jayapura, Rabu (1/7/2015).

Menurut dia, lamanya masa transisi tiga tahun ini untuk memberikan kesempatan kepada daerah untuk mengurus hal-hal teknis terkait integrasi tersebut, mulai dari jumlah dan sasaran peserta hingga perubahan anggaran yang dialokasikan. (Munir)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Dinkes Papua Siap  Integrasikan KPS-JKN di 2016