Resmi Gabung MSG,KNPB Sorong Raya Gelar Ibadah Syukur

share on:
KNPB - Ist
KNPB – Ist

Sorong, Jubi – Setelah bergabungnya Bangsa Papua ke kelompok Negara MSG (Melanesian  Spearhead Group) melalui wadah ULMWP (United Liberation Movement for West Papua) atau yang disebut dengan Komite Pembebasan Papua Barat pada 26 Juni 2015 pekan lalu, Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Sorong Raya, menggelar ibadah syukur yang berlangsung di sekretariat KNPB, Jalan F. Kalasuat, Malanu Kampung, Kota Sorong Rabu (1/7/2015).

Kegiatan yang diikuti ratusan simpatisan KNPB itu, menggandeng seluruh organisasi perjuangan di wilayah kepala burung, termasuk Parlemen Daerah Sorong Raya, yang dipimpin langsung oleh Yulius Wondiwoy selaku ketua Parlemen Daerah Sorong Raya.

Ketua KNPB Sorong Raya, Kamtius Haselo mengatakan masuknya aplikasi Bangsa Papua melalui ULMWP merupakan satu asa baru bagi rakyat Papua untuk semakin mantap dalam proses penentuan nasib sendiri alias referendum.

“Hari ini kami berdoa mengucap syukur kepada Tuhan Yesus panglima revolusioner karena pada 26 Juni lalu kami bangsa Papua secara resmi masuk menjadi anggota MSG melalui wadah ULMWP yang dilakukan di negara Vanuatu bersama bebebapa negara lainnya,” ujar Kamtius saat menggelar Jumpa Pers usai kegiatan kemarin.

Sementara ketua Parlemen Daerah Sorong Raya, Yulius Wondiwoy mengaku kehadiran Parlemen daerah Sorong Raya merupakan wujud dukungan bagi KNPB sebagai media untuk terus menyuarakan pesan-pesan kemerdekaan bagi seluruh rakyat Papua yang ada di wilayah kepala burung. “Sudah sangat lama kita hidup di bawah penjajahan, inilah saatnya kita bangkit untuk menentukan nasib kita sendiri,” ujar Yulius.

Ia mengatakan diterimanya bangsa Papua kedalam MSG bisa menjadi permulaan bagus dalam menentukan langkah selanjutnya, termasuk mengantar pemintaan referendum bangsa Papua hingga ke meja PBB dan bahkan sampai mahkama dunia. “Tidak ada opsi lain yang kami tawarkan selain referendum karena kami sudah cukup menderita selama ini diatas penjajahan bangsa Indonesia,” pungkasnya.

Sementara Jubir KNPB Sorong raya Agustinus Aud alias Gusti Prabu mengatakan selain kegiatan ibadah syukur, pihaknya belum mendapat petunjuk dari pusat untuk agenda lainnya termasuk menyongsong tangal 1 Juli yag disebut-sebut sebagai HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM).

“Sementara hanya ibadah pengucapan syukur yang kita lakukan untuk agenda kegiatan selanjutnya sampai saat ini kami belum dapat petunjuk dari pusat,” ujarnya sembari mengku selain ibadah pihaknya juga melakukan kegiatan Barapen (acara bakar batu-red). (Niko MB)

Editor : Angela
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Resmi Gabung MSG,KNPB Sorong Raya Gelar Ibadah Syukur