Dinas Tanaman Pangan Dorong Mimika Jadi Penyuplai Sayuran

share on:
Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Papua, Semuel Siriwa. (Jubi/Alex)
Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Papua, Semuel Siriwa. (Jubi/Alex)

Jayapura, Jubi – Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) Provinsi Papua mendorong Kabupaten Mimika menjadi daerah penyuplai sayur, khususnya bagi PT. Freeport Indonesia.

“Tahun ini kami mengembangkan sayuran Timika seluas 75 Ha melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Papua dan APBD Kabupaten Mimika,” kata Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura, Semuel Siriwa, di Jayapura, Kamis (2/7/2015).

Pengembangan sayuran di Mimika sejatinya untuk kebutuhan masyarakat serta suplai ke Freeport mengingat selama ini perusahaan tambang itu selalu berharap pasokan sayuran lokal.

Semuel berharap pengembangan sayuran di Mimika dapat menghasilkan sayur dengan kualitas terbaik supaya bisa memenuhi permintaan Freeport.

“Kami harap pengembangan sayur di Mimika selain berkualitas bagus juga mampu mencukupi kebutuhan sayur di Timika,” katanya.

Sebagai bentuk perhatian, ke depan tidak hanya berbagai macam sayuran, namun tanaman cabai juga bakal dikembangkan di Mimika.

“Kami harap selain di pasok ke Freeport, hasil sayuran di Mimika juga dapat terserap ke pasar lokal maupun supermarket,” katanya.

Selain mendorong pengembangan sayur di Mimika, pihaknya juga akan mendorong pengembangan sayur di daerah penyangga seperti Intan Jaya, Deiyai, dan Wamena.

“Ini untuk mendukung kebutuhan sayur di Mimika dan Papua secara umum,” ucapnya.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Papua, Elsye Pakade, mengatakan produksi pangan masyarakat di Papua belum bisa memenuhi ketersediaan pangan karyawan PT Freeport.

Misalnya, masyarakat setempat bisa menyediakan sayur mayur, tapi komoditas seperti wortel masih harus didatangkan dari luar Papua. (Alexander Loen)

 

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Dinas Tanaman Pangan Dorong Mimika Jadi Penyuplai Sayuran