PNWP: Proklamsi 1 Juli Sejarah Kebenaran

share on:
Aktivis  KBPB sub-Sektor  koteka usai peringatan proklamasi 1 Juli 1971 (Jubi/Mawel)
Aktivis KBPB sub-Sektor koteka usai peringatan proklamasi 1 Juli 1971 (Jubi/Mawel)

Jayapura, Jubi – Komite Nasional Papua Barat (KNPB) sub-Sektor Koteka memperingati peringatan 44 tahun Proklamasi Negara Republik West Papua di Markas Victoria 1971. Peringatan berlangsung di Markas KNPB Sektor Koteka di Waena, Kota Jayapura, Papua.

“Kita tidak mengarang sejarah hari ini. Kita semua harus kembali kepada konstitusi 1Juli 1971,” kata Romario Yatipai, wakil Ketua Parlemen Nasional West Papua yang menghadiri peringatan proklamasi di markas KNPB Sektor Koteka di Waena, Rabu pekan lalu.

Kata Romario, konstitusi 1 Juli harus dipertahankan karena itu kebenaran sejarah, bukan manipulasi. Pejuang West Papua di masa lalu telah melahirkan sejarah itu dalam keterbatasan dengan modal kehendaknya sebagai bangsa West Papua, ras Melanesia.

“Kita tidak bisa lagi karang-karang. Kita kini memperjuangkan sejarah yang benar yang sudah diukir orang tua kita dalam keterbatasan mereka. Mereka tidak tahu PBB itu apa? Amerika itu apa? Tetapi mereka melahirkan sejarah politik yang benar,” katanya dengan tegas.

Kata dia, kebenaran sejarah itu telah mendapat pengakuan dari empat negara merdeka yang tergabung dalam Melanesia Spearhead Group (MSG) dengan menerima United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) sebagai pengamat. “Empat negara merdeka sudah mengakui perjuangan kita benar,” katanya.

Katanya, orang West Papua harus menyatakan ras Melanesia harus menentukan nasib sendiri.

AlomYeimo, ketua basis KNPB sub-Sektor Koteka mengatakan perlawan menegakkan sejarah yang benar tidak akan pernah berhenti. Generasi muda West Papua akan terus meraih kemenangan sejarah dari basis-basis perlawan yang terus dikobarkan.

“Yang kami lakukan saat ini membangun kekuatan untuk mewujudkan pembebasan total bagi bangsa West Papua yang harus dimulai dari basis kecil ke basis besar,”ungkapnya. (Mawel Benny)

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  PNWP: Proklamsi 1 Juli Sejarah Kebenaran