BPBD siap Relokasi Pedagang ke Pasar Darfuar

share on:

Biak, Jubi/Antara – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Biak Numfor, Papua, menyiapkan tempat relokasi pedagang korban kebakaran pasar Inpres distrik Biak Kota ke lokasi pasar Darfuar distrik Samofa.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Yunus Saflembolo, di Biak, Selasa, mengakui, relokasi pedagang korban kebakaran pasar Inpres sudah menjadi program pemkab dan Bupati Thomas Ondy dengan membangun fasilitas fisik sebanyak 110 lapak kios.

“Target BPBD pelaksanaan relokasi pedagang korban kebakaran pasar Inpres ke lokasi pasar sentral Darfuar distrik Samofa segera dilakukan dalam waktu dekat setelah lapak kios yang dibangun siap ditempati,” ungkapnya.

Ia mengatakan, BPBD yang diberikan tanggungjawab menyiapkan tempat relokasi optimistis dapat memindahkan eks korban kebakaran pasar Inpres tersebut.

Kepada pedagang eks pasar inpres, lanjut Yunus, diharapkan dapat mendukung program relokasi dilakukan pemkab Biak Numfor ke pasar Darfuar.

Pemkab Biak, menurut Yunus, sangat prihatin dengan musibah kebakaran yang dialami ratusan pedagang pasar Inpres pada 7 Mei 2015 yang berakibat mengalami bangunan kios pedagang musnah dilalap si jago merah ketika itu.

Menyinggung areal lokasi pasar Inpres yang terbakar, menurut Yunus, sesuai petunjuk Bupati Thomas Ondy, lokasi itu akan dibangun pemerintah untuk kepentingan masyarakat di Kabupaten Biak Numfor.

“BPBD sebagai instansi teknis daerah membantu korban kebakaran sesuai dengan tugas pokoknya, sementara untuk pembangunan lapak kios yang disiapkan pemkab masih menanti proses perampungan untuk segera ditempati,” katanya.

Berdasarkan data korban kebakaran pasar Inpres Biak, tercatat 161 keluarga atau 375 jiwa sedangkan yang ditampung pemkab di asrama sanggar kegiatan belajar sebanyak 50 kepala keluarga atau 171 jiwa.(*)

Editor :
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  BPBD siap Relokasi Pedagang ke Pasar Darfuar