Laporan Pemerkosaan di Fiji Meningkat

share on:
Shamima Ali.Photo: RNZ
Shamima Ali.Photo: RNZ

Jayapura, Jubi – Direktur Penuntutan Umum di Fiji mengatakan jumlah kasus pemerkosaan yang dilaporkan ke kantornya terus meningkat dengan angka terbaru untuk bulan Mei dan Juni 2015 menunjukkan peningkatan hingga 35-43 kasus.

Co-ordinator dari Crisis Centre Perempuan Fiji, Shamima Ali menerima peningkatan kasus yang dilaporkan sebanyak 90 persen dari kasus perkosaan yang tidak dilaporkan.

Shamima Ali mengatakan, pengaruh budaya, stigma dan ketidakpekaan dalam sistem hukum adalah beberapa faktor di balik rendahnya pelaporan tentang kasus pemerkosaan dan pelecehan seksual. Serta, pengaruh lainnya disebabkan dengan tingginya insiden kasus yang melibatkan anggota keluarga, atau orang-orang yang dikenal oleh korban.

Shamima Ali mengatakan kasus pengadilan sering ditarik keluar, membebaskan pelakunya dan memberikan traumatis bagi korban.

“Misalnya baru-baru ini ada kasus seorang berusia 12 tahun diperkosa oleh lima orang di sebuah desa, lima tahun yang lalu. Dan itu hanya datang ke pengadilan, berlangsung sekitar dua minggu yang lalu. Dan orang-orang (pelaku) itu dibebaskan,” kata Shamima Ali, mengutip Radio New Zealand, Selasa (7/7/2015). (Yuliana Lantipo)

Editor : Yuliana Lantipo
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Laporan Pemerkosaan di Fiji Meningkat