106 Caleg DPRD Mimika Berbagi 35 Kursi?

share on:
Salah satu Caleg terpilih DPRD Mimika, Aser Gobai - Jubi/Arjuna
Salah satu Caleg terpilih DPRD Mimika, Aser Gobai – Jubi/Arjuna

Jayapura, Jubi – Kisruh DPRD Mimika hingga kini belum berakhir. Para legislator terpilih di daerah itu, belum dilantik. Tak hanya itu, empat SK penatapan DPRD Mimika, merekomendasikan 106 orang Calon Legislatif (Caleg) lolos ke parlemen yang hanya memiliki 35 kursi.

Salah satu Caleg terpilih DPRD Mimika, Aser Gobai mengatakan, dalam SK 16 yang dikeluarkan KPUD setempat, ada 35 nama Caleg yang dinyatakan lolos. Namun tak lama, muncul SK 17, nama – nama Caleg dalam SK itu berubah. Begitu juga dalam SK 18 yang membatalkan SK 17 dan SK 20, nama – nama Caleg semua berubah.

“Jadi kalau di total, ada 106 Caleg yang dinyatakan lolos dalam empat SK berbeda itu. SK 16 nama Caleg lain, SK 17, SK 18, dan SK 20 juga berbeda. Kalau pemindahan suara antar Caleg satu partai itu bisa diselesaikan. Tapi ini suara Caleg beda partai dipindahkan, dan kursi partai juga dipindahkan,” kata Aser Gobai di Jayapura, akhir pekan lalu.

Menurut Ketua DPD Nasdem Mimika itu, bupati setempat harus menfasilitasi semua ketua parpol di Mimika, dan KPUD duduk bersama menyelesaikan masalah itu. Katanya, Masalah itu harus segera diselesaikan agar pembangunan dan masyarakat tak jadi korban.

“Kami Nasdem sudah memberikan masukan itu. Ini sejak awal salah, akhirnya juga salah. Jadi lebih baik semua pihak terkait duduk menyelesaikannya,” ucapnya.

Sebelumnya, anggota DPR Papua, Wilhelmus Pigai mengatakan, masalah SK KPUD Mimika sudah selesai.  Bupati setempat harus berjiwa besar dalam menerima keputusan yang ditetapkan oleh lembaga penyelenggara Pemilu.

“Kalau tak ada DPRD siapa yang akan mengontrol pemerintah. Siapa yang bisa mengontrol kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah,” kata Wilhelmus kala itu. (Arjuna Pademme)

 

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  106 Caleg DPRD Mimika Berbagi 35 Kursi?