Dalam Waktu Dekat Bappeda Akan Coba Simtaru

share on:
Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Papua, Muh Musa'ad - Jubi/Alex
Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Papua, Muh Musa’ad – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Dalam waktu dekat, Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Papua akan mencoba Sistem Informasi Manajemen Tata Ruang (Simtaru).

“Simtari sudah bisa di akses oleh siapa saja, sementara yang lain lain sedang dalam perbaikan dan diharapkan setelah Idul Fitri akan diresmikan oleh gubernur,” kata Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Papua, Muhammad Musa’ad, di Jayapura, Minggu (12/7/2015).

Meskipun baru akan di uji coba, ujar Musa’ad pihaknya sudah melakukan tahapan-tahapan, salah satunya adalah workshop bank data, dan nanti ada pegawai dari SKPD yang bertugas untuk siapkan data. “Itu yang kami sebut wali data di masing masing SKPD guna mendukung program ini,” tambahnya.

Ia katakan, untuk di provinsi ada forum data, dimana didalamnya ada berbagai pihak yang terkait dengan data, diantaranya Bappeda, BPS, Kementerian Agama, TNI dan Polri.

“Jadi kalau bicara soal data, semuanya akan dibicarakan disini guna memverifikasi data mana yang sudah valid betul dan mana yang belum,” ucapnya.

Sementara untuk tingkat kabupaten dan kota, kata Musa’ad, pihaknya akan dorong untuk membentuk forum data, walaupun daerah belum miliki pusat data, namun sudah ada forum data.

“Ini supaya suplay data dari kabupaten/kota bisa terjamin. Kalau disana tidak ada, kami tentu akan kesulitan,” katanya.

Sebelumnya, Gubernur Papua, Lukas Enembe meninginkan Provinsi Papua memiliki satu data valid yang dapat digunakan untuk pembangunan Papua. Pasalnya selama ini masih ada perbedaan antara data dari Badan Pusat Statistik (BPS) dengan data yang diterbitkan SKPD. (Alexander Loen)

Tags:
Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Dalam Waktu Dekat Bappeda Akan Coba Simtaru