Warga Palangka Raya Mulai Rasakan Kabut Asap

share on:

Palangkaraya, Jubi/Antara – Sejumlah warga di wilayah Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah mulai merasakan adanya kabut asap yang menyelimuti wilayah tersebut.

Lukman (40) warga kelurahan Menteng, Palangka Raya, Minggu mengatakan sekitar seminggu terakhir di wilayahnya mulai terlihat dan tercium bau asap.
“Sekitar tujuh hari terakhir ini mulai terasa, terutama pagi hari tercium bau kebakaran lahan. Kabutnya memang belum tebal dan belum sampai menganggu aktifitas kami,” kata Lukman, Minggu (12/7/2015)

Hamdi (35), warga Jalan G.Obos 12, Palangka Raya juga menyatakan hal yang sama, yakni ketika pagi dan sore hari kabut mulai terlihat karena adanya kebakaran lahan di beberapa wilayah.
“Seperti di wilayah lingkar luar sudah terlihat adanya lahan yang terbakar. Dari informasi warga, kebakaran lahan mulai terlihat di beberapa wilayah di Kecamatan Menteng, Kecamatan Sebangau dan Kecamatan Bukit Rawi,” Kata dia.

Ketua Tim Serbu Api Kecamatan (TSAK) Kelurahan Bukit Tunggal, I Wayan Bimoseno mengatakan, hingga saat ini timnya telah memadamkan setidaknya tiga titik api.
“Baru-baru ini, kami telah memadamkan setidaknya tiga titik api yang membakar lahan berada di wilayah Kelurahan Bukit Tunggal dan hampir semua lahan yang terbakar karena oknum warga melakukan pembakaran untuk membersihkan lahan,” kata I Wayan.

Wayan mengimbau warga untuk tidak melakukan pembakaran lahan selama musim kemarau, karena cuaca panas menyebabkan potensi penyebaran semakin tinggi.
“Musim kemarau ini terasa sangat panas, lahan pun kering terlebih di sini gambut. Kami tekankan tidak ada lagi warga yang diperbolehkan membakar lahan dengan alasan apapun. Jika terbukti melanggar dapat dikenakan sanksi hukum,” katanya. (*)

Editor : Sindung Soekoco
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Warga Palangka Raya Mulai Rasakan Kabut Asap