Bupati Puncak: Hujan Es Terjadi Setiap Tahun

share on:

Jayapura, Jubi/Antara – Bupati Puncak, Papua, Willem Wandik mengakui hampir setiap tahun beberapa kampung di wilayahnya terjadi hujan es, terutama bila musim kemarau berkepanjangan.

Itu sudah menjadi fenomena alam. Setiap tahun terjadi hujan es yang biasanya terjadi setiap bulan Juni-Juli, kata Bupati Wandik, Senin (13/07/2015).

Dampak dari hujan es itu menyebabkan tanaman milik warga membusuk hingga tidak bisa dipanen.

Saat ini dilaporkan tiga kampung di Distrik Agandugume yang mengalami hujan es sehingga warganya terancam kelaparan.

Ketiga kampung itu masing masing kampung Agamdugume, Tuput dan kampung Jiwot. Menurutnya, saat ini tim sudah dikirim ke Agamdugume namun belum ada laporan tentang perkembangannya.

“Memang dari Timika hanya butuh waktu sekitar 30 menit perjalanan dengan menggunakan pesawat berbadan kecil jenis philatus porter ke Agamdugume. Namun untuk mencapai ke kampun tersebut harus berjalan kaki dua hari,” kata Bupati Wandik.

Menurutnya, bila musim kemarau terus berkepanjangan biasanya masyarakat mengungsi ke Sinak atau kawasan di sekitarnya yang tidak terjadi hujan es.

Dampak hujan es menyebabkan tanaman membusuk dan mati sehingga diharapkan laporan dari tim segera diperoleh guna memastikan apa saja yang paling utama dibutuhkan warga, kata Bupati Puncak Willem Wandik. (*)

Editor :
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Bupati Puncak: Hujan Es Terjadi Setiap Tahun