Pemilik Lahan Tambang Emas Guadalcanal, Siap Memompa Tailing di Bendungan

share on:
Tambang emas Gold Ridge di Guadalcanal - Suplied
Tambang emas Gold Ridge di Guadalcanal – Suplied

Jayapura, Jubi – Pemilik lahan tambang emas Ridge di Guadalcanal Kepulauan Solomon, mengatakan mereka siap untuk mulai memompa keluar tailing bendungan yang sangat berbahaya sesegera mungkin setelah persyaratan pemerintah terpenuhi.

Pemerintah Kepulauan Solomon, dilaporkan oleh Radio New Zealand, Selasa (14/7/2014) telah mengeluarkan izin untuk membuang limbah dari bendungan di Guadalcanal. Perizinan tersebut saat ini berada di tahap akhir persetujuan untuk menangani tingkat air yang tinggi.

Pimpinan Ridge Community Investments Ltd, Walton Naezon, mengatakan salah satu syarat perizinan adalah memastikan keselamatan masyarakat di kaki Guadalcanal.

Naezon mengatakan mereka bekerja sama dengan orang-orang lokal yang katanya prihatin tentang debit air yang sulit diatasi ke dalam sungai Metapona.

Dia mengatakan mereka bahkan lebih khawatir jika bendungan di tambang emas tersebut jebol hingga melepaskan sedimen beracun ke sungai.

“Kami akan memantau dan kami akan mengambil sampel setiap hari dan itu akan dikendalikan oleh semua pihak -. Masyarakat di hilir [masyarakat], perusahaan dan pemerintah dan LSM. Jadi saya yakin bahwa kami akan mendapatkan air bersih yang tidak terkontaminasi bahan kimia apapun.” tambah Naezon. (Victor Mambor)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pemilik Lahan Tambang Emas Guadalcanal, Siap Memompa Tailing di Bendungan