Saat Lebaran SAR Siaga di Tempat Pariwisata

share on:
Kapal patroli SAR Sorong - Jubi/Niko
Kapal patroli SAR Sorong – Jubi/Niko

Sorong, Jubi – Kasi Ops SAR Sorong Karel Rony Ileng, mengatakan sesuai program Basarnas Pusat, setiap kantor SAR di seluruh tanah air harus melakukan siaga Lebaran sejak H-7 samapai H+7, guna memberikan pelayanan bagi masyarakat khususnya yang melakukan mudik dan rekreasi di tempat pariwisata.

“Untuk kita di Sorong lebih fokus pada pelayanan di tempat-tempat pariwisata seperti di Tanjung Kasuari maupun di Tembok Berlin,” ujar Kasi Ops SAR saat ditemui di Posko Tembok Berlin, Selasa (14/7/2015).

Karel mengaku, pihaknya telah membuka posko pelayanan dengan posko induk di Kantor SAR Sorong dan posko pembantu di Raja Ampat, Fakfak termasuk di Tangkas, Tembok Berlin dan titik-titik rawan lainnya.

“Untuk pola siaga selain standbye di tempat kita juga turut melakukan mobile guna memantau setiap perkembangan situasi yang ada khususnya di titik-titik rawan. Kami juga selalu melakukan komunikasi dan koordinasi dengan instansi terkait seperti kepolisian dan TNI manakala terjadi peristiwa atau bencana,” kata Karel.

Khusus untuk tempat-tempat wisata seperti di Tangkas dan Tembok Berlin ia mengaku pihaknya akan menyediakan peralatan safety bagi para pengunjung serta siap memberikan pelayanan jika dibutuhkan oleh masyarakat.

“Yang pasti kami siap memberikan pelayanan demi kenyamanan masyarakat saat merayakan Lebaran nanti,” ungkapnya sembari mengaku arus gelombang di Tangkas dan Tembok Berlin akan menjadi atensi pihaknya.

Pengunjung tempat-tempat wisata di Sorong, Jhoni Malibela mengapresiasi langkah yang dilakukan Basarnas untuk mengantisipasi situasi darurat yang sewaktu-waktu terjadi “Perlu mendapat apresiasi sebagai antisipasi ini yang dilakukan,” katanya. (Niko MB)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Saat Lebaran SAR Siaga di Tempat Pariwisata